Tuesday, February 7, 2023
spot_img
HomeViralsArti dan Makna Upacara Injak Telur, Proses Akad Nikah Kaesang dan Erina

Arti dan Makna Upacara Injak Telur, Proses Akad Nikah Kaesang dan Erina

INAKINI.COM – Upacara injak telur menjadi salah satu persyaratan hingga tata cara adat pernikahan jawa yang harus dijalani.

Menjadi satu rangkaian adat dipakai pengantin Jawa dimana pernikahan Kaseang Pangarep dan Erina Gudono dilangsungkan pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Proses pernikahan berlangsung pada pukul 13.00 WIB kemudian Kaseang dan Erina juga melangsungkan beberapa proses adat pada Sabtu pagi di pukul 10.00 WIB yakni Proses Upacara Injak.

Baca Juga : Cara Buat Konsep Avatar yang Viral di Aplikasi Lensa AI

Upaya Injak ataupun disebut sebagai Injak Telur juga disebut sebagai ngidak tigan yang mana selalu ada di dalam rentetan prosesi pernikahan adat Jawa.

Secara umum, tradisi tersebut masih berlangsung setelah akad nikah bersama dua mempelai dipertemukan dan melangsungkan upacara adat sederhana tersebut yang mana disaksikan bersama keluarga kedua belah pihak.

Semua detail dari acara dan proses pernikahan adat jawa tersebut memiliki makna tersendiri. Sebab dari tradisi tersebut memiliki makna penting dari telur yang diinjak yakni melambangkan keturunan, simbol keluarga yang perlu dijaga dan tutup rapat hingga menjaga kesucian seorang wanita.

Baca Juga : Indonesia Resmi Miliki 38 Provinsi, Terbaru Provinsi Papua Barat Daya

Sedangkan menginjak telur dilakukan tanpa memakai alas kaki mempelai pria sampai pecah, memberi makna dimana suami akan beri nafkah bagi keluarganya penuh tanggung jawab tanpa meminta bantuan dari orang lain.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments