Tuesday, December 6, 2022
spot_img
HomeBUMNPT IKI Produksi 5 Kapal Negara Patroli Untuk Kemenhub

PT IKI Produksi 5 Kapal Negara Patroli Untuk Kemenhub

INAKINI.COM – 5 Kapal Negara Patroli (KNP) kembali diresmikan oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) – Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) di Pelabuhan Sorong, Papua Barat pada Jumat (30/9).

5 KNP tersebut merupakan produksi PT Industri Kapal Indonesia (Persero)/ PT IKI dan merupakan salah satu kapal yang diresmikan oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) – Kemenhub, Dr. Capt.Mugen S.Sartoto, M.Sc.

Peresmian 5 Unit Kapal Negara Patroli oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Capt. Mugen S. Sartoto

Proyek tersebut dikerjakan sejak November 2019 hingga Desember 2021. Kapal dengan konstruksi berbahan aluminium ini memiliki spesifikasi LOA : 28.90 m, LBP : 25.12 m, BM : 5.85 m, Depth : 3.10 m, Draft : 1.15 m, GT : 131 GT, Crew : 16 Person. Dengan tenaga mesin pendorong utama berkapasitas 2×1500 HP, kapal ini dapat melaju dengan kecepatan 24 knot.

KNP 379 akan beroperasi di wilayah KSOP Kelas I Sorong. Selain meningkatkan penegakan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran, KNP 379 juga bertugas mencegah dan menanggulangi pencemaran laut. Kehadiran KNP 379 juga diharapkan dapat membantu proses pencarian dan penyelamatan apabila terjadi kecelakaan pelayaran.

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Diana Rosa mengungkapkan rasa bangga atas beroperasinya kapal patroli tersebut. Menurutnya, KNP 379 merupakan bagian dari aksi nyata BUMN untuk Indonesia.

“Bahwasannya PT Industri Kapal Indonesia (Persero) sebagai Galangan Kapal BUMN terus memberikan aksi nyata Bahwa BUMN untuk Indonesia. Dan untuk kali ini, PT IKI memberi kontribusi dalam pembangunan Kapal Negara Patroli KNP. 379”.

“Kedepan, PT IKI akan terus berkontribusi dalam pembangunan kapal-kapal patroli yang sangat dibutuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim”, tegasnya.

Selain KNP 379, terdapat empat kapal patroli negara yang juga diresmikan oleh Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub), antara lain:

  1. KNP 4005 yang akan beroperasi di wilayah KSOP Kelas III Biak
  2. KN 5260 ditempatkan di UPP Kelas III Teminabuan
  3. KN 5263 di wilayah UPP Kelas III Korido
  4. KN 5261 di wilayah perairan UPP Kelas III Bade
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments