Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeFinancePemerintah Bukukan Dividen BUMN Rp 37,9 Triliun Hingga 31 Juli 2022

Pemerintah Bukukan Dividen BUMN Rp 37,9 Triliun Hingga 31 Juli 2022

INAKINI.COM – Pertumbuhan penerimaan negara yang berasal dari dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami fluktuasi di tengah pandemi Covid-19. Namun, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang makin membaik di tahun 2022, penerimaan dividen BUMN yang diterima Pemerintah diproyeksikan tumbuh positif.

“Sampai dengan 31 Juli 2022, khusus penerimaan dividen BUMN, Pemerintah telah membukukan dividen sebesar Rp 37,9 Triliun,” ungkap Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara – Kementerian Keuangan Indonesia (Kemenkeu) Tri Wahyuningsih dalam rilisnya pada Jumat (12/08).

Tri Wahyuningsih mengungkapkan, tiga BUMN penyumbang dividen terbesar yakni PT Bank BRI (Persero) Tbk sebesar Rp 14,05 Triliun, diikuti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar Rp 8,75 Triliun dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk sebesar Rp 7,74 Triliun.

Selain memberikan kontribusi terhadap sisi penerimaan negara APBN, BUMN juga berperan sebagai fungsi kuasi fiskal, dimana diharapkan efekti dalam mendukung program Pemerintah. Hal ini tampak dari komitmen dalam pembangunan seperti infrastruktur yang telah dilakukan oleh BUMN.

Di sisi lain, Pemerintah memberikan dukungan berupa penyertaan modal negara (PMN) guna memperbaiki struktur permodalan dan kapasitas usaha BUMN untuk meningkatkan perannya sehingga mampu mendukung pelaksanaan berbagai program Pemerintah. Sejak tahun 2005 hingga 2021, Pemerintah telah menempatkan investasi Rp 369,17 Triliun ke BUMN sebagai PMN. Alokasi PMN sejak tahun 2015 meningkat secara signifikan antara lain di bidang infrastruktur dan konektivitas, energi, ketahanan pangan, serta kemandirian ekonomi nasional.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments