Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeBUMNWajah Baru Stasiun Pondok Ranji Untuk Peningkatan Pelayanan

Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji Untuk Peningkatan Pelayanan

INAKINI.COM – Masyarakat sudah dapat menikmati Stasiun Pondok Ranji yang kini memiliki wajah baru dan berbagai peningkatan fasilitas.

Hal tersebut dikarenakan pada Pada Kamis (16/6) telah dilaksanakan Peresmian Peningkatan Aksesibilitas dan Penataan Stasiun Pondok Ranji oleh Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir yang didampingi oleh Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj, serta Direktur Utama PT Jaya Real Property Trisna Muliadi beserta masing-masing jajarannya.

Penataan ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian – Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub), PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, dan PT Jaya Real Property atau JRP dimana groundbreaking telah dilakukan pada 10 Agustus 2020 lalu. Melalui kolaborasi ini maka penataan Stasiun Pondok Ranji dapat dirampungkan.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatan layanan kereta api,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Penataan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat, karena akses Stasiun Pondok Ranji yang sebelumnya hanya melalui Jl. WR Supratman kerap menjadi sebuah simpul kemacetan di pagi dan sore hari. Kini, Stasiun Pondok Ranji memiliki akses baru melalui kawasan Bintaro Creative Village yang lebih luas dan nyaman. Dengan dibukanya akses tersebut, masyarakat dapat lebih cepat untuk mengakses Stasiun Pondok Ranji dari kawasan perumahan dimana sebelumnya masyarakat harus memutar lebih jauh terlebih dahulu.

Adapun lingkup penataan dan pembangunan akses Stasiun Pondok Ranji meliputi:

  1. Renovasi bangunan stasiun
  2. Penambahan gedung parkir
  3. Pembangunan akses baru Stasiun Pondok Ranji

Pada akses baru Stasiun Pondok Ranji telah tersedia fasilitas eskalator, lift, tangga musala, ruang laktasi, toilet difabel, loket, vending machine, area parkir, dan halte Bus Intrans.

“Akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut sudah mulai diujicobakan sejak 7 Juni 2022. Rata-rata sebanyak 370 pengguna KRL perhari yang sudah menggunakan akses baru tersebut. Pengguna KRL merasa sangat terbantu dengan adanya akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut,” kata Didiek.

Sementara penataan pada bangunan lama Stasiun Pondok Ranji di antaranya peremajaan gedung, penataan area komersial, penataan area parkir, dan penataan gate stasiun.

Hal ini membuat pengguna KRL dapat menikmati hall stasiun yang lebih luas, area parkir mobil, motor, dan sepeda yang lebih rapi dan kapasitasnya bertambah, dan selasar pejalan kaki yang berkanopi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments