Wednesday, May 15, 2024
spot_img
HomeHealth6 Langkah Kurangi Resiko Kanker Usus Besar Seperti Dialami  Mantan Jubir Covid...

6 Langkah Kurangi Resiko Kanker Usus Besar Seperti Dialami  Mantan Jubir Covid 19, Achmad Yurianto Sebelum Meninggal

INAKINI.COM – Kabar duka datang dari mantan Jubir Penanganan Covid 19, Achmad Yurianto yang terkonfirmasi meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022).

Sebelum meninggal, Achamd Yurianto diketahui masuk rumah sakit dan mendapat perawatan intensif disebabkan gangguan kanker usus besar dan stroke.

Dilansir dari keterangan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, drg Widyawati membenarkan bahwa Achmad Yurianto meninggal dunia.

Meskipun tidak semua orang mampu mencegah faktor resiko terhadap penyakit di bagian usus besar ini, ternyata ada beberapa faktor risiko kanker usus besar yang bisa dicegah ataupun dikurangi resikonya.

Baca Juga : 5 Cara Gampang Perkuat Sinyal Smartphone Jadi Anti Lelet

Meningkatkan Konsumsi Makanan Nabati

Langkah sederhana namun berdampak baik pada sistem pencernaan sekaligus dapat mengurangi risiko kanker usus besar adalah menambah konsumsi makanan nabati.

Cara baik untuk mengurangi risiko kanker usus besar memang lebih fokus untuk menambah makanan nabati.

Banyak penelitian menemukan dari konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran akan menurunakn faktor resiko kanker usus besar dan kanker lainnya.

Mengurangi Konsumsi Daging Merah dan Daging Olahan

Berikutnya Anda bisa mengurangi konsumsi daging merah beserta daging olahan yang mana berupa steak, hot dog yang mana masih bisa mengurangi resiko kanker usus besar.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Mengurangi ataupun menghindari konsumsi alkohol juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

Pedoman penting dilansir dari American Cancer Society membeberkan bahwa menghindari konsumsi alkohol dapat mengurangi resiko kanker usus besar.

Baca juga : Mencoba Merambah Sektor Minigame, TikTok Mulai Ujicoba di Vietnam Berkonsep Live Streaming

Menghindari Rokok

Terdapat penelitian dimana faktor resiko terjadinya kanker usus besar terdapat lebih tinggi pada perokok. Sehingga langkah aman untuk bisa mengurangi faktor resiko kanker usus besar ini bisa dimulai dengan mengurangi ataupun menghindari asap rokok.

Menjaga Berat Badan

Dilansir dari National Cancer Institute menjelaskan bahwa kondisi seseorang yang mengalami kelebihan berat badan mencapai 30 persen kemungkinan besar masih bisa terkena kanker usus besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki kondisi tubuh obesitas.

Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari

Olahraga teratur bisa menjadi solusi penting bagi Anda dalam mengatur berat badan sekaligus mengurangi resiko kanker usus besar.

Olahraga juga meningkatkan kesehatan mental sekaligus dapat memperbaiki kondisi tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments