Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeHealthJangan Rakus!, Ini Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Telur

Jangan Rakus!, Ini Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Telur

INAKINI.COM – Mengkonsumsi telur bisa menjadi satu sumber protein baik bagi tubuh dan juga mudah didapatkan.

Hanya saja ada beberapa dampak buruk ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi telur setiap hari dan bisa dirasakan pada tubuh Anda.

Beberapa sumber menyatakan termasuk WebMD menjelaskan dari jumlah kalori 1 telur saja mencapai 75, sedangkan ada komposisi 7 gram protein, 5 gram lemak, dan 1.6 gram lemak jenuh, sampai komposisi vitamin, karotenoid, mineral, dan zat besi.

Setiap konsumsi telur ini memang bisa dilakukan asalkan tidak lebih dari 1-2 telur perhari. Dilansir dari Healtline, American Heart Association dimana rekomendasi 1 butir telur per hari dan 7 butir dalam satu pekan adalah batasan yang baik.

Namun, ada resiko yang didapatkan ketika Anda mengkonsumsi lebih banyak bahkan melebihi batas.

Baca Juga :

Memicu Kolesterol Tinggi

Secara tidak langsung kolesterol tinggi di dalam darah memberi potensi adanya gangguan kesehatan lainnya.

Kenali bahwa dari telur menjadi satu sumber lemak jenuh yang mana dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat ataupun LDL.

Beberapa penelitian membuat kesimpulan dimana konsumsi dua butir telur per hari juga memicu pembentukan trimetilamina N oksida di dalam tubuh. Sehingga TMAO tersebut menjadi bahan kimia yang mana bisa memberi resiko serangan jantung dan stroke.

Memicu Gangguan Pencernaan

Efek buruk dari mengkonsumsi telur terlalu banyak juga bisa menyebabkan efek kondisi perut mengalami gangguan seperti kembung, dan terdapat banyak gas.

Gejala gastritis juga terjadi dimana seseorang mengalami alergi mengkonsumsi telur. Dari kondisi yang parah, gastritis juga memicu muntah dan feses berdarah.

Baca Juga :

Terjadi Masalah Pada Jantung

Masalah jantung juga kerap terjadi dan menjadi efek parah jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi telur.

Kadar kolesterol tinggi membuat faktor resiko masalah utama pada organ jantung.

Maka dari itu sejak awal sebaiknya konsumsi telur sesuai aturan dan jangan berlebihan untuk mengurangi efek buruk pada organ jantung.

Meningkatkan Diabetes

Resiko diabetes juga bisa terjadi ketika Anda mengkonsumsi telur cukup banyak. Bahkan ada resiko peningkatan seseorang mengalami diabetes sebanyak 68 persen.

Studi lainnya memperlihatkan bahwa resiko diabetes masih ditemukan lebih tinggi mencapai 39 persen pada orang yang mengkonsumsi telur 3 butir ataupun lebih dalam satu minggu.

Menjadi Faktor Utama Resistensi Insulin

Kondisi lemak yang ada di telur bisa memberi efek lonjakan kadar gula darah. Sehingga dari resiko lainnya juga berdampak pada resistensi insulin hingga membuat gula darah di tubuh Anda tidak memberi energi terbaik bagi tubuh.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments