Monday, May 6, 2024
spot_img
HomeInternationalTotal Kekayaan Presiden Gotabaya Rajapaksa Jadi Sorotan di Tengah Kondisi Krisis Srilangka

Total Kekayaan Presiden Gotabaya Rajapaksa Jadi Sorotan di Tengah Kondisi Krisis Srilangka

INAKINI.COM – Kondisi ekonomi di Srilangka memperlihatkan kemirisan yang mana sistem ekonomi dan juga aktivitas perdagangan terasa lumpuh total.

Namun, ada hal mencengangkan dimana kekayaan dari Presiden Gotobaya Rajapaksa justru terbilang cukup besar ditengah kondisi pemerintah Sril Langka yang mengalami kegagalan bayar atas utang negaranya.

Banyak tuntutan yang harus dipenuhi Gotabaya Rajapaksa untuk mundur karena tidak becus dalam mengelola negara sampai terjadi krisis.

Kondisi krisis di Sri Lanka sendiri membuat kekayaan Presidenya menjadi sorotan menarik. Dilansir dari IDXChanlle yang mana membeberkan kekayaan dari pemimpin Sri Lanka ini yang mana bisa kita cermati dari beberapa perhitungan berikut ini.

Baca Juga : Penyerapan Belanja UMKM Pemerintah Tidak Optimal Ternyata Ini Penyebabnya

Informasi Kekayaan Presiden Gotabaya Rajapaksa

Secara tidak langsung Gotabaya Rajapaksa telah mendapat kemenangan dari proses pemilu tepat di tanggal 16 November 2019 yang pada saat itu mencapai angka suara 52 persen mengalahkan pesainnya Sajith Premadasa yang mendapat 41 persen suara saja.

Kalangan masyarakat melihat bahwa Rajapaksa ini bukan sosok asing karena menjadi adik mantan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa yang pernah berkuasa selama 10 tahun. Tidak hanya itu bahwa Rajapaksa sendiri juga menjadi mantan Panglima Sri Lanka yang mana berhasil memberantas pemberontakan separatis Macan Tamil.

Baca Juga : Aturan Baru Mendagri : Gubernur dan Bupati/Wali Kota Dilarang Makan Minum di Acara Halalbihalal Lebih Dari 100 Orang

Gaji Presiden Sri Lanka

Kita bisa melihat bahwa Sri Lanka sendiri tercatat sebagai negara dengan nilai gaji Presiden terkecil di dunia.

Gaji dari pemimpin negara tetangga India tersebut hanya mencapai Rp 97.5 ribu Rupee Sri Lanka ataupun setara dengan angka Rp 6.95 juta Rupiah. Kemudian dari informais angka PDB Sri Lanka sendiri menduduki posisi 113 dengan besaran USD 80.70 miliar.

Kemudian Sri Lanka masih mengandalkan tekstil sebagai produk ekspor hingga barang elektronik. Gaji kecil tersebut memang membuat masyarakatnya sempat geram karena kekuasaan dinasti polistik yang mana keluarganya tersebut telah menyebabkan krisis dari tahun ke tahun.

Menurut informasi yang didapatkan, kekayaan dari Presiden Gotabaya Rajapaksa ini tidak lepas dari investasigasi terbaru yang mana ada kekayaan yang disembunyikan dengan berbagai aset tercatat.

Baca Juga : Terbukti Beri Kerugian Petani Sawit Kecil. Jokowi Larang Eksport CPO Minyak Goreng

Dilaporkan harta keluarga Gotabaya Rajapaksa ini mencapai 18 miliar Dolar Amerika ataupun setara dengan nilai Rp 258 triliun. Akan tetapi dari informasi tersebut masih tidak diakui oleh keluarga Gotabaya Rajapaksa.

Tidak hanya itu dari bulan September tahun lalu Rajapaksa ini juga mendapat dakwaan dari penggunaan dana negara mencapai 33 juta Rupee ataupun setara 251.100 Dolar Amerika dengan tujuan membangun tugu peringatan bagi orang tuanya di kampung halamannya tepat di Medamulana.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments