Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeHealthMalaysia Sudah Tetapkan Pandemi ke Endemi, Bagaimana Dengan Indonesia?

Malaysia Sudah Tetapkan Pandemi ke Endemi, Bagaimana Dengan Indonesia?

INAKINI.COM – Kondisi pandemi Covid 19 di sejumlah negara terpantau sudah landai bahkan Malaysia sendiri memutuskan untuk beralih ke kondisi endemi.

Dapat dikatakan perkembangan kasus Covid 19 di beberapa negara terlihat sudah berangsur melandai hingga ada peluang untuk merubah status pandemi menjadi endemi. Malaysia sudah mengumumkan untuk bisa mengganti status ke fase endemi karena masyarakatnya sudah mendapat vaksin lengkap dan angka kasusnya juga cenderung melandai.

Banyak pertanyaan bagaimana dengan Indonesia? Dalam beberapa waktu lalu ada wacana dimana pandemi Covid 19 akan segera berubah menjadi endemi. Hanya saja sampai saat ini belum ada tanda-tanda mengenai perubahan posisi tersebut.

Baca Juga : Jadwal Undian Piala Thomas dan Uber CUp 2022 Indonesia Masuk Grup A

DIlansir dari pernyataan Juru Bicara Vaksinasi Covid 19, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid juga mengatakan bahwa jika Indonesia tidak terburu-buru memutuskan adanya peralihan ke status endemi.

Pada Jumat (1/4/2022) dimana pernyataan Siti Nadia juga mengungkapkan bahwa ada beberapa keterangan dari pihak pemerintah yang sekarang masih fokus terhadap cakupan vaksinasi yang sekarang menjadi target hingga bisa meningkatkan sistem imunitas masyarakat. Target vaksinasi tersebut mencapai angka 70%.

Ada pengendalian laju penularan untuk bisa mendeteksi kasus Covid 19 di tengah masifnya mobilitas saat ini. Bahkan pemerintah abru saja memperbolehkan masyarakat untuk bisa melakukan mudik pada Lebaran nanti. Meskipun ada pelonggaran ada monitoring dan kontribusi dari lonjakan kasus Covid 19 di Indonesia.

Percepatan vaksinasi booster dan testing sampai tracing harus terus ditingkatkan ujar Siti Nadia. Bahkan perlu dipahami dari Malaysia sendiri telah melepas status pandemi menjadi endemi pada 1 April 2022 lalu. Sehingga selama dua tahun berjuang melawan pandemi Covid 19 dimana Malaysia sempat memberlakukan pengendalian pergerakan masyarakat pada 18 Maret 2020 lalu.

Lihat Juga : Pemerintah Tunjuk Artis Maudy Ayunda Sebagai Jubir Presidensi G20 Indonesia

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments