Wednesday, May 1, 2024
spot_img
HomeNewsIngin Tuntaskan Vaksinasi! Pemerintah Pakai Capaian Dosis Kedua Sebagai Level Indikator Level...

Ingin Tuntaskan Vaksinasi! Pemerintah Pakai Capaian Dosis Kedua Sebagai Level Indikator Level PPKM

INAKINI.COM – Penggunaan indikator level PPKM yang selama ini ditentukan dari angka kasus harian Covid 19 sepertinya ingin dirubah. Pemerintah saat ini telah menetapkan capaian vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat umum hingga kelompok lanjut usia ataupun lansia sebagai syarat penurunan level PPKM di Jawa dan Bali.

Namun pada faktanya informasi ketentuan masih mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri dengan mencermati proses perkembangan periode PPKM sejak 1 Maret 2022. Hal tersebut juga sudah disampaikan secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan setelah mengikuti Rapat Terbatas mengenai evaluasi level PPKM yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu 27/02/2022 di dalam konferensi video.

Pada rapat terbatas tersebut telah diputuskan pada minggu depan Pemerintah sendiri akan secara aktif dan efektif untuk memberlakukan persyaratan vaksinasi dosis kedua sebagai penentu level asesmen dari semua daerah.

Baca Juga : Angka Kasus Positif Covid 19, 28 Februari 2022 Bertambah 25.054 Orang

Kebijakan tersebut diperhitungkan oleh Luhut karena ada dampak pada sisi peningkatan jumlah angka kasus di sejumlah daerah yang telah masuk ke level 3 dan 4 karena masih belum ada persyaratan mencukupi pada jumlah persyaratan vaksinasi dosis kedua umum dan juga lansia.

Keterangan lebih lanjut dimana Menko Marves sendiri telah memberi tambahan informasi bahwa dari syarat vaksinasi dosis kedua menjadi penentuan level PPKM yang mana sudah berhasil mendorong adanya percepatan vaksinasi dosis kedua bagi lansia dan umum di semua daerah.

Tetapi, masih ada daerah kabupaten dan kota masih belum memenuhi persyaratan vaksinasi dosis kedua baik umum dan lansia mencapai 7 daerah.

Luhut juga menegaskan bahwa pemerintah masih terus melakukan dorongan kebijakan yang dapat mempercepat laju vaksinasi untuk bisa mencapai kekebalan komunal. Sedangkan dari tingkat kekebalan masyarakat yang dikategorikan tinggi ini menjadi sebuah faktor utama agar ada transisi dari kondisi pandemi ke endemi.

Semua keputusan diambil dengan memperhitungkan pertimbangan secara matang. Tidak ada kebijakan yang diambil secara buru-buru dan harus mengikuti angka kasus yang sudah bisa dipantau secara langsung oleh semua komponen bangsa.

Lihat Juga : 5 Game Populer Ini Bisa Hasilnya Koin NFT, Yuk Mainkan!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments