Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeNewsDiketahui, Omicron Versi “Siluman” Sudah Ada di Indonesia Sejak Januari

Diketahui, Omicron Versi “Siluman” Sudah Ada di Indonesia Sejak Januari

INAKINI.COM – Masih belum berhenti dari varian Omicron maupun lainnya ternyata Omicron diketahui memiliki subvarian BA2 yang mana sudah menyebar di berbagai daerah. Namun, ada informasi bahwa BA2 tersebut juga sudah ditemukan di Indonesia.

Dilansir dari Dokter Spesialis Paru RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. Erlina Burhan SpP(K) mengungkapkan bahwa BA 2 tersebut sudah ditemukan di Indonesia tepatnya di bulan Januari lalu. Kemudian BA2 tersebut diprediksi sudah menular dari dibandingkan varian Omicron BA1.

Dikutip pada Minggu 27/2/2022 dimana Erlina sendiri menyebutkan bahwa Subavarian BA2 ini kejadiannya masih meningkat di daerah India dan Denmark. Bahkan belakangan ini varian BA2 tersebut juga sudah masuk ke Indonesia.

Baca Juga : Jenis Ramuan Untuk Redakan Pilek dan Batuk Virus Omicron

Pada bulan Januari sebenarnya sudah mulai muncul di beberapa rumah sakit termasuk Rumah Sakit Persahabatan dengan perawatan pasien diketahui Subvarian BA2. akan tetapi dari gejala pasien BA2 ini memang mirip seperti BA1 ataupun Omicron.

Dari pihak WHO sendiri telah memberi informasi dari BA2 ini ataupun Omicron dari versi siluman masih dianggap lebih menular dibandingkan BA1. Namun berdasarkan dari tingkat keparahan sendiri dianggap sama. Dilansir dari Live Mint, bila ada kondisi lonjakan maka dari jumlah varian BA2 sendiri dikatakan masih mendominasi dibandingkan BA1.

Beberapa penelitian juga memberi informasi versi BA2 ini menyebabkan infeksi lebih parah seperti pada varian Delta. Hanya saja penelitian lebih lanjut masih belum dilakukan untuk menganalisa aspek lainnya.

Ada kajian di Inggris dimana orang dengan kasus positif varian BA2 ini memberi gejala yang menganggu di organ usus hingga tidak bisa mencium bau ataupun aroma. Inggris juga sudah melaporkan subvarian tersebut telah memberi penyebaran lebih cepat dari versi Omicron.

Terdapat beberapa penyakit yang muncul setelah pasien terinfeksi BA2 diantaranya mual, diare, muntah, sakit perut, mulas, sampai kembung.

Lihat Juga : Sering Diabaikan, Ternyata Ini Manfaat Lari Sore Hari Setelah Pulang Kerja

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments