Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeHealthTips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes, Waspada dan Kontrol Gula Darah

Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes, Waspada dan Kontrol Gula Darah

Berpuasa menjadi satu aktivitas ibadah yang juga membutuhkan kondisi fisik sehat. Ada banyak manfaat dari berpuasa yang sebenarnya perlu dicermati. Bagi penderita diabetes perlu memperhitungkan bagaimana cara-cara tepat untuk berpuasa terutama dalam mengontrol gula darah dan mengatur pola makan.

Menjadi satu kebutuhan wajib bagi penderita diabetes karena kondisi tubuh terutama beberapa fungsi organ mungkin tidak bekerja maksimal. Sehingga untuk mengurangi resiko saat berpuasa alangkah baiknya Anda melakukan beberapa informasi berikut ini.

Baca Juga : Gejala Kurang Darah dan Langkah Untuk Mengatasinya

  1. Berkonsultasilah Dengan Dokter

Pada langkah awal akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan program berpuasa lebih tepat. Beberapa aturan makan dan juga konsumsi obat perlu diperhitungkan sehingga ada beberapa saran utama dalam menjalankan aktivitas ibadah puasa lebih mudah dan aman.

  • Menghindari Makanan Tinggi Karbohidrat dan Lemak

Sudah diperhitungkan konsumsi makanan dengan kadar tinggi karbohidrat dan lemak seperti roti tawar dan nasi putih. Makanan tersebut bisa memberi peningkatan kadar gula darah cukup cepat sehingga ada resiko yang perlu Anda hindari.

Alangkah baiknya ganti konsumsi karbohidrat tinggi dan lemak dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti protein, brokoli, apel, wortel dan pisang. Tidak hanya itu Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan berlemak saat berbuka.

baca Juga : Jumlah Pasien Covid 19 Varian Omicron Semakin Bertambah, Bukti Imbauan Masyarakat Dilarang ke Luar Negeri Wajib di Patuhi

  • Mengurangi Aktivitas Fisik

Menjadi salah satu konsep penting dimana aktivitas fisik menjadi satu syarat yang harus Anda kurangi. Dalam hal ini pasien diabetes sendiri disarankan tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Karena aktivitas fisik berlebihan pada kondisi puasa bisa memberi efek hipoglikemia yang mana kondisi kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

  • Selalu Penuhi Asupan Cairan

Aktivitas berpuasa harus mencakup kondisi cairan tubuh harian. Begitu juga penderita diabetes yang mana harus memenuhi asupan nutrisi dan cairan agar tidak memberi kondisi yang buruk. Karena itu Anda perlu mencukupi asupan cairan saat berbuka dan sahur sehingga bisa terhindar dari dehidrasi selama berpuasa.

  • Selalu Kontrol Gula Darah Anda

Bisa dikatakan kontrol gula darah secara rutin adalah momen penting saat Anda berpuasa. Penderita diabetes perlu memperhitungkan bagaimana kondisi gula darah yang bisa dilihat dengan cara mengecek rutin.

Beberapa gejala dari hipoglikemia perlu diwaspadai seperti berkeringat dingin, gemetaran, dan jika terjadi kondisi tersebut sebaiknya hentikan puasa.

Baca Juga : Ternyata Kopi Bermanfaat Untuk Rambut!, Ini Dia Penjelasannya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments