Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeFood5 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Anda Cicipi

5 Dessert Khas Indonesia yang Wajib Anda Cicipi

Banyak daerah di Indonesia sudah memiliki menu kuliner khas yang selama ini populer sebagai menu hidangan terbaik. Berbicara soal kuliner khas di Indonesia tentu saja ada penawaran rasa asin, pedas dan gurih ataupun bisa memanjakan lidah Anda.

Dari sinilah ada varian dessert khas Indonesia yang sampai saat ini menggugah selera Anda. Sehingga saat berbicara seputar makanan khas Indonesia bisa dikatakan memberi cita rasa menarik dan sekarang bisa Anda cicipi di beberapa kota.

Hidangan Kuliner Klepon

Salah satu hidangan dessert khas Indonesia berupa klepon juga banyak dijumpai di berbagai daerah. Bahkan makanan manis khas Jawa ini terbuat dari tepung beras, pandan, dan gula merah di bagian dalamnya.

Bentuknya yang bulat kemudian dibalut oleh parutan kelapa juga memberi cita rasa baru dan gurih di lidah. Sampai saat ini klepon juga dikenal sebagai menu hidangan wajib saat Anda berlibur ke berbagai daerah terutama di pulau Jawa.

Kue Cucur

Berikutnya ada kue cucur yang mana menjadi salah satu makanan menarik dan sekaligus dimasukkan ke dalam menu dessert khas Indonesia. Dari hidangan kue cucur ini juga dapat diperhitungkan karena memberi tekstur padat, empuk, dan renyah saat dikonsumsi. Ada rasa manis di dalam kue cucur ini sehingga menjadi hidangan menarik untuk dijadikan satu pendamping segelas teh hangat.

Bika Ambon

Pastinya Anda sudah mengenal Bika Ambon yang mana diperhitungkan sebagai hidangan dessert yang cukup populer saat ini. Bika Ambon ini termasuk kategori kue basah, dengan tekstur empuk dan berpori di bagian dalamnya.

Rasa gurih dan empuk saat digigit membuat Bika Ambon dikenal sebagai hidangan favorit sampai saat ini.

Bubur Kampiun

Dapat dikatakan bahwa bubur kampiun ini juga pilihan dessert khas Indonesia. Saat ini Bubur Kampiun ini populer di Sumatera Barat hingga menjadi salah satu kuliner khas Nusantara sampai saat ini.

Perpaduan dari ketan, bubur sumsum sampai kacang hijau dan disiram dengan kuah santan membuat hidangan satu ini semakin spesial.

Amparan Tatak

Kalimantan juga memiliki nama kuliner Amparan Tatak yang mana harus Anda cicipi sebagai hidangan dessert. Menariknya dari Amparan Tatak ini juga banyak memberi tekstur lembut dan tidak mudah hancur. Dari sisi kombinasi rasa gurih dan manis dari buah pisang memberi kelezatan tersendiri.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments