Sunday, May 5, 2024
spot_img
HomeTechnologyJenis Baterai Mobil Listrik Terbanyak Dipakai, Berikut Ulasannya

Jenis Baterai Mobil Listrik Terbanyak Dipakai, Berikut Ulasannya

Pemakaian mobil listrik sebagai satu transportasi utama di masa depan semakin menarik untuk bisa dipelajari. Jenis dari baterai mobil listrik yang bisa digunakan ini harus bergantung pada sistem mobil yang bisa memberi emisi ramah lingkungan.

Jenis baterai mobil listrik populer dan paling banyak dipakai seringkali memakai lithium ion. Jenis baterai ini menjadi salah satu komponen penting untuk mendukung semua kinerja sistem mesin mobil listrik.

Hanya saja ada jenis battery electric vehicle yang mana menjadi salah satu baterai populer sebagai sumber kehidupan karena menjadi salah satu sumber energi penggerak mobil.

Mungkin selama ini Anda masih belum memikirkan seperti apa jenis baterai mobil listrik terbanyak yang bisa dipakai seperti pada informasi berikut ini.

Jenis Baterai Lithium Ion

Secara tidak langsung jenis baterai mobil listrik paling banyak dipakai adalah baterai lithium ion. Baterai ini bisa dipakai pada perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop. Hanya saja jenis baterai satu ini memang memberi kapasitas ukuran dan fisik Li Ion lebih besar.

Keunggulan dari baterai lithium ion ini adalah memiliki rasio daya terhadap berat yang cukup tinggi. Sehingga baterai ini memiliki efisiensi energi tinggi dan performa pada suhu tinggi lebih baik. Sehingga rasio energinya lebih besar dari ukuran beratnya.

Nickel Metal Hybride

Potensi baru dari pengembangan jenis baterai nickel metal hybride menjadi salah satu opsi terbaik yang selama ini bisa dipakai untuk menyimpan daya lebih besar.

Pada jenis baterai nickel metal hybride bisa digunakan untuk kendaraan listrik hibrida dan tidak mendapat tenaga dari luar.

Sedangkan pada sisi pengisian ulang baterai masih tergantung pada kecepatan mesin, roda, dan pengereman regeneratif.

Sedangkan dari kelebihan utama baterai Ni MH ini memiliki usia penggunaan lebih lama dibandingkan jenis lithium ion.

Lead Acid

Cukup banyak informasi seputar jenis baterai lead acid yang mana jenis baterai ini menjadi paling tua. Jika dibandingkan dengan NIMH dan lithium sendiri memang tidak memiliki kapasitas untuk bisa bersaing dengan teknologi baru.

Akan tetapi baterai listrik Lead Acid ini memiliki kapasitas lebih besar yang selama ini dikembangkan dan memang dipakai untuk sistem sekunder.

Solid State

Saat ini baterai solid state sendiri mampu menghilangkan elektrolit cair berat yang bisa dimanfaatkan pada jenis baterai lithium ion.

Tetapi dari solid state ini menjadi satu bentuk elektrolit padat baik itu gelas, keramik, dan bahan lainnya. Sedangkan dari keunggulannya solid stae ini bisa dipakai dalam usia lebih panjang dibandingkan jenis baterai lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments