Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeViralsAkhirnya Polisi Terima Saran Ujian Praktik SIM C yang Sulit Bagi Masyarakat,...

Akhirnya Polisi Terima Saran Ujian Praktik SIM C yang Sulit Bagi Masyarakat, Akankah Dirubah?

Banyak polemik terjadi di masyarakat mengenai praktik ujian SIM C yang mana prosesnya terbilang gagal dan cenderung memberi pengalaman buruk bagi pemula.

Sebenarnya dari persoalan sulitnya ujian SIM C sudah mencuat sejak beberapa tahun lalu. Bahkan ada beberapa cuitan di media sosial dari netizen menganggap ujian praktek SIM C hampir sama sekelas para pembalap. Bahkan pembalap Moto GP sekalipun dianggap belum bisa lulus dari ujian SIM C tersebut.

Mendengar berbagai macam keluhan dari masyarakat dengan sering membandingkan ujian SIM di Indonesia dengan negara lain membuat Faisal Andri selaku Kasi Binyan Subdit SIM Dit Regident Korlantas Polri menanggapi berbagai keluhan masyarakat.

Dikatakan, materi uji praktek SIM C tersebut untuk pengendara sepeda motor meliputi uji pengereman, keseimbangan, dan uji slalom ataupun zig zag dan uji membentuk angka 8 dan reaksi rem menghindar sampai berbalik arah.

Faisal juga menambahkan ada alasan kenapa trek ujian praktik SIM motor didesain sedemikian rupa yang mana sudah sesuai untuk mengukur kemampuan kompetensi seseorang dalam mengendarai sepeda motor sehingga layak mendapat SIM C.

Pada intinya, ujian masih ditetapkan dari Undang-Undang sehingga ada banyak bukti peraturannya sudah dibuat dengan ukuran tertentu sehingga menjadi satu bagian tes kompetensi.

Dari pihak Faisal sendiri juga menuturkan tidak menutup kemungkinan dari masukan masyarakat mengenai praktik SIM C tersebut akan ditindak lanjuti.

Ada masukan dari masyarakat yang kemudian dituangkan dalam peraturan tertulis dahulu sebelum bisa diterapkan. Ada banyak saran, namun kembali lagi masukan tersebut akan dibahas pada saat peraturan kepolisian ke depannya dan masih sangat terbuka bagi masyarakat untuk memberi saran.

Pihak Faisal sendiri tidak menginformasikan lebih lanjut apakah masukan masyarakat dapat merubah kebijakan dan aturan mengenai materi ujian praktik SIM C karena masih panjang prosesnya dan butuh kajian lebih lama jika dilihat pada sisi efektifnya ataupun prosesnya.

Memang dari kesulitan mendapatkan SIM C bagi pemula masih terkendala pada ujian prakteknya. Karena itu, banyak pihak masih belum bisa mendapatkan SIM C karena terkendala ujian praktek yang dirasakan sulit.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments