Wednesday, May 1, 2024
spot_img
HomeNews330 UMKM Difasilitasi Untuk Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika

330 UMKM Difasilitasi Untuk Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika

Berbicara seputar pagelaran World Superbiki WSBK di Sirkuit Mandalika pada 19 November 2021 pastinya ada banyak perhitungan dipersiapkan pemerintah. Seperti halnya pemberian fasilitas bagi 330 UMKM di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga diperhitungkan mendapat dukungan dari ketersediaan tempat dan lainnya.

Dilansir dari pernyataan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Mashuri di Mataram Kamis 18/11/2021 sudah tersedia 330 UMKM dibagi menadi 120 UMKM dengan beberapa bantuan dari fasilitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah dan 210 lainnya sudah mendapat fasilitas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Dari 330 UMKM tersebut diberi izin berjualan di dalam Kawasan Ekonomi Khusus ataupun KEK Mandalika sehingga ada kursi seleksi dan pendampingan dari Pemprov NTB maupun dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Beberapa perhitungan dari izin badan usaha dari pemerintah juga diberikan, kemudian khusus untuk bidang kuliner juga mendapat izin langsung dari BPOM.

Terdapat kurasi yang dipastikan memberi standar UMKM dengan verifikasi dan sertifikasi lebih baik. Nantinya UMKM bisa berjualan di lokasi khusus yang benar-benar memberi standar produk sesuai standar dari ITDC dan MGPA sebagai pengelola KEK Mandalika hingga penyelenggaran balap motor.

UMKM sendiri telah mendapat izin dari cakupan seluruh entitas produk, sehingga UMKM bisa memberi produk fashion, minuman, kriya, termasuk berbagai kerajian mutiara dan lainnya. Segala jenis produk kuliner, dan pakaian masih diperhitungkan untuk bisa masuk ke Mandalika, namun ada pengecualian dari produk keris, dan pedang ataupun benda berbahaya tidak diperbolehkan dijual di Mandalika.

Terdapat 80 stand khusus bisa ditempati oleh UMKM yang sudah dipersiapkan oleh Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah. Akan tetapi, tidak hanya dari UMKM yang sudah ditangani oleh Pemprov, dan Pemkab Lombok Tengah juga memberi fasilitas berjualan di dalam areal sirkuit atas seizin dari MGPA dan ITDC.

Ukuran gerai yang sudah tersedia bisa mencapai 20 x 50 kemudian posisinya berada di pintu VIP Sirkuit Mandalika dengan tambahan ukuran 20 x 20. dari areal sirkuit dan wilayah ITDC dan MGPA juga sudah mendapat perhitungan tepat dalam memenuhi aktivitas berniaga di pagelaran WSBK.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments