Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi Kenakan Outfit Produk Lokal Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Presiden Jokowi Kenakan Outfit Produk Lokal Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah menjajal lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, kabupaten Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan motor balap pribadi pada Jum’at, 12 November 2021.

Aksi tersebut dilakukannya sesaat usai meresmikan sirkuit Mandalika.

Berjaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Presiden Jokowi mulai menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu. Presiden tidak sendiri, sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing.

Presiden Jokowi tampil mengenakan outfit produksi negeri sendiri. Hal itu merupakan dukungan Presiden terhadap Gerakan Cinta Produk Indonesia.

Presiden ke-7 Indonesia ini bahkan menjabarkan satu per satu outfit-nya, yang dari ujung kepala hingga kaki, berasal dari brand lokal.

  1. Jaket dari jenama lokal bernama Rabbit and Wheels asal Bandung, Jawa Barat
  2. Sarung tangan merupakan kolaborasi brand lokal asal Tangerang, Banten, yakni Bellissimo Apparel Indonesia X Katros
  3. Celana dari brand lokal asal Cimahi, Jawa Barat, yakni Continmoto
  4. Helm berasal dari brand lokal asal Bandung, Jawa Barat yakni RSV Helmet. Tipe: RSV Half Face RSV SV300
  5. Sneakers sepatu dari NAH Project, asal Bandung, Jawa Barat.

Presiden Jokowi juga sempat mengunggah status di akun twitter @jokowi (14/11), “Saya menjajal Sirkuit Mandalika sepenuhnya dengan dukungan produk dalam negeri. Helm, jaket, celana,sarung tangan, sampai sepatu yang saya gunakan adalah karya tangan-tangan terampil anak bangsa. Nyaman dipakai serta aman untuk digunakan. Dan cukup bergaya, bukan?.”

Dari garis start/finish, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor Presiden Jokowi.

Motor yang ditumpangi Presiden adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Motor tersebut sebelumnya pernah dipakai oleh Presiden Jokowi saat menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis, 19 Desember 2019 lalu.

Informasi mengenai Sirkuit Mandalika:

  1. Panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter
  2. Dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi
  3. Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter)
  4. Pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments