Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeAutomotiveWaspada Musim Hujan Tiba, Ini 4 Komponen Sepeda Motor Rentan Rusak

Waspada Musim Hujan Tiba, Ini 4 Komponen Sepeda Motor Rentan Rusak

Kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi seperti sekarang pastinya memberi dampak besar terhadap kondisi kendaraan. Bagi pengendara sepeda motor sepertinya butuh perawatan tambahan agar tidak terlalu banyak mendapat efek buruk dari paparan air hujan.

Diperlukan langkah untuk segera mencuci sepeda motor ketika banyak mendapat paparan air hujan. Efek buruk dari air hujan terhadap komponen sepeda motor tentu saja memberi efek cukup buruk sehingga ada baiknya Anda perhitungkan dari komponen sepeda motor yang masih rentan rusak selama musim hujan.

Mesin Utama

Seringkali terjadi kemunculan kerak pada bagian mesin. Pada kondisi basah kerak bisa dihilangkan lebih mudah. Akan tetapi pada kondisi tertentu kondisi kerak yang terdiri dari pasir ataupun lumpur menempel pada mesin memberi kering dan muncul kerak. Dari kondisi kerak tersebut masih sulit dihilangkan sehingga dapat mengganggu sirkulasi udara pada mesin.

Jika kondisi kerak pada mesin utama tidak segera dihilangkan ternyata dapat memberi efek buruk mengelupasnya lapisan mesin luar,. kemudian bisa mempercepat kondisi mesin lebih panas dari biasanya.

Kinerja Radiator Tidak Maksimal

Sudah pasti kondisi radiator bisa mendapat efek buruk ketika sepeda motor terlalu sering terpapar air hujan ataupun melintasi genangan secara teruis menerus. Dalam hal ini, kinerja dari bagian radiator mengalami gangguan, bahkan bisa menghalangi pembuangan panas dari mesin.

Kondisi radiator sendiri masih diperhitungkan sebagai satu komponen penting dalam memperlancar proses pembakaran energi dan bahan bakar. Itulah mengapa dari kondisi kotoran yang mengendap di area radiator akan memperburuk fungsinya sekaligus menurunkan performa motor.

Bagian Rantai Mudah Berkarat

Sudah pasti bagian rantai menjadi mudah berkarat karena beberapa hal. Sehinga dari komponen vital pada sepeda mtor untuk mempermudah transmisi inilah harus mendapat perawatan. Sebisa mungkin bersihkan setelah terpapar air hujan agar kondisi rantai tidak cepat berkarat.

Bila kondisi rantai berkarat, pastinya rawat putus dan menimbulkan suara pada saat dikendarai dalam kecepatan tertentu.

Bagian Sil Suspensi Akan Bocor

Masih ada bagian sil suspensi dimana air hukan yang bercampur dengan kotoran dan lumpur juga memberi efek buruk pada sil suspensi. Jika terlalu sering terpapar air hujan tanpa ada upaya membersihkannya, maka dari jangka panjang bisa menimbulkan kebocoran sil suspoensi sehingga dalam mengatasi suspensi bocor harus mengganti dalam versi baru.

Kondisi cuaca hujan terlalu sering dan memberi efek pada kondisi sepeda motor sebaiknya memperhitungkan langkah apa untuk dapat menambah potensi dari pembersihan sepeda motor hingga tidak menimbulkan masalah pada mesin dan komponen lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments