Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeHealthHati-Hati, Banyak Tidur Bisa Picu Penyakit Ini

Hati-Hati, Banyak Tidur Bisa Picu Penyakit Ini

Berbagai penelitian seputar manfaat dari jam tidur normal setiap hari pasti sudah dipahami banyak orang. Akan tetapi, bagaimana jika seseorang justru tidur dalam waktu berlebihan melebihi batas normal tidur 8 jam setiap malam.

Banyak kondisi dimana potensi buruk ketika seseorang kerap tidur dalam jangka waktu lama juga menjadi perhatian. Dalam dunia medis pastinya ada banyak manfaat dari tidur sesuai jam patokannya, akan tetapi, ada beberapa efek ketika Anda terlalu sering tidur dalam satu hari.

Mudah Lupa Tanggal dan Hari

Meskipun terdengar sepele namun, dari akibat tidur berlebihan dilakukan setiap hari akan mempercepat proses pikun. Salah satu hal dasar dimana menjadi tanda bahwa efek buruk tidur terlalu lama adalah mudah lupa tanggal dan hari. Dari sinilah Anda perlu mengatur kembali dari durasi tidur agar tubuh tetap sehat sekaligus mencegah kepikunan dini.

Beresiko Terkena Diabetes

Secara otomatis ketika kondisi seseorang lebih banyak tidur dibandingkan melakukan aktivitas sehari-hari pastinya memberi dampak buruk pada resiko diabetes. Dari kondisi resistensi insulin justru bisa diperburuk ketika Anda berlebihan dalam menjalankan aturan sesuai kebutuhan. Sehingga ada baiknya Anda mengatur durasi tidur mulai sekarang agar tidak terkena resiko diabetes.

Memicu Terjadinya Demensia

Bukan hanya dari berkurangnya jam tidur saja, akan tetapi ada kondisi dimana seseorang justru bisa tidur lebih banyak waktu satu hari. Dari beberapa dampak buruk ketika anda berlebihan dalam tidur bisa diperhitungkan adanya demensia. Gangguan demensia sendiri masih sering terjadi pada usia lansia. Karena itui pada dasarnya ada kerusakan bagian otak hingga diperparah lagi kebiasaan tidur berlebihan.

Adanya Resiko Gangguan Psikologis

Terlalu banyak tidur juga memicu terjadinya gangguan psikologis. Sehingga dari awal ada peraturan jam tidur yang perlu Anda perhatikan. Gangguan psikologis ini juga memicu adanya gejala bipolar, demensia, dan masih banyak lainnya.

Perubahan kepribadian dan mood swing juga menjadi indikator tanda-tanda adanya efek buruk pada seseorang dengan durasi tidur lebih panjang dibanding biasanya. Dalam hal ini Anda membutuhkan instrumen tepat dalam mencoba seperti apa perhitungan dari pengaturan jam tidur agar tidak berlebihan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments