Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeHealthKulit Manusia Bisa Menipis, Berikut Faktor Penyebabnya

Kulit Manusia Bisa Menipis, Berikut Faktor Penyebabnya

Kesehatan kulit selalu menjadi objek perawatan yang sekarang banyak dilakukan baik bagi wanita ataupun pria. Dalam menjangkau kesehatan kulit lebih baik pastinya ada beragam perawatan masih dilakukan meskipun butuh biaya besar.

Namun, tahukah Anda bahwa kulit manusia bisa menipis setelah memasuki masa-masa 30 tahun ke atas. Penuaan memang tidak bisa dipungkiri, hanya saja kondisi kulit yang terus menipis masih bisa diperlambat dengan perawatan.

Faktor Penyebab Kenapa Kulit Manusia Bisa Menipis

Bukan hal asing lagi bila kesehatan kulit seseorang akan menurun seiring bertambah usia. Akan tetapi dari kondisi kulit yang cepat menipis ternyata dipengaruhi beberapa faktor utama seperti berikut.

Faktor Usia

Tentu saja faktor usia menjadi peran penting dalam proses penipisan lapisan kulit. Dari proses penuaan inilah ada kondisi kulit yang kehilangan elastisitasnya. Sehingga kadar kolagen dan elastin di dalam dermis juga mengalami penurunan.

Akan ada lapisan lemak yang membentuk hpoermis mengalami penurunan fungsi, sehingga proteksi kulit ketika Anda memasuki usia lansia akan menurun hingga membutuhkan perawatan.

Mendapat Paparan Sinar Matahari

Saat ini paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab kenapa masalah dari kulit keriput, kendur, dan terjadi bintik penunaan sering terlihat. Kerusakan lapisan kulit bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sedangkan proses penipisan kulit sering terlihat di bagian tangan, wajah, dan lengan.

Hal inilah membuat Anda harus bisa menjangkau semua jenis perawatan dengan tepat ataupun memakai sun block untuk mengurangi resiko paparan sinar matahari.

Pemakaian Obat Dalam Jangka Panjang

Bukan tidak mungkin bahwa konsep dari penurunan fungsi elastisitas kulit pada usia tertentu disebabkan oleh penggunaan obat-obatan jangka panjang. Dalam hal ini Anda membutuhkan instrumen tepat untuk bisa mendapat standar konsumsi obat lebih efektif dan sebisa mungkin kontrol penggunaan obat.

Beberapa jenis obat seperti pengencer darah, obat antiinflamasi nonsteroid seperti Naproxen ataupun Ibuprofen juga memberi dampak kurang baik bagi kesehatan kulit.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Sudah terbukti bahwa dari sebuah gaya hidup seseorang memberi dampak besar pada kesehatan kulit. Karena itu ada perhitungan tepat dimana Anda bisa mengalami penunaan dini karena beberapa aktivitas seperti merokok, konsumsi alkohol, kurang bergerak, dan diet rendah makanan namun tinggi gula dan karbohidrat olahan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments