Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomePoliticsPresiden Jokowi Usulkan KSAD Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI Ke DPR

Presiden Jokowi Usulkan KSAD Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI Ke DPR

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno secara resmi telah mengirimkan Surat Presiden (supres) terkait calon panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam surpres itu, Presiden Jokowi mengusulkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada bulan November 2021.

“Presiden dalam suratnya hanya mengusulkan satu nama calon panglima TNI kepada DPR RI untuk dapat mendapatkan persetujuan. Dan karena itu pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surpres mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan pers, Rabu (3/11).

Menurut dia, setelah ini, pimpinan DPR RI akan menindaklanjuti surpres itu dengan menugaskan Komisi I DPR RI melakukan fit and proper test terhadap Andika. Setelah itu, hasilnya akan dilaporkan kepada forum rapat paripurna untuk disetujui.

Penasehat senior Kantor Staf Presiden (KSP) Andi Widjajanto meminta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa segera melakukan regenerasi apabila resmi menjabat sebagai Panglima TNI.

Terlebih, Andika Perkasa hanya memiliki masa kerja sekitar 13 bulan usai dilantik menjadi Panglima TNI. Andika Perkasa memasuki masa pensiun pada Desember 2022.

Menurut dia, regenerasi jabatan bintang 3 angkatan 1989 di TNI harus terlihat pada pertengahan 2022. Hal ini agar Presiden Jokowi memiliki beberapa pilihan dalam memilih Panglima TNI berikutnya.

“Idealnya, di pertengahan 2022 sudah terlihat regenerasi jabatan bintang 3 strategis ke angkatan 1989 dan 1990, sehingga presiden memiliki beberapa opsi utk melakukan pergantian Panglima TNI di Desember 22,” jelasnya.

Andi Widjajanto meyakini tidak ada gesekan antar mantra di tubuh TNI, usai terpilihnya Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Thajanto. Pasalnya, jenjang hirarki komando di TNI sangatlah kuat sehingga tak ada masalah siapapun Panglima TNI yang terpilih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments