Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeNewsKereta LRT Jabodetabek Tabrakan Di Cibubur Saat Jalani Ujicoba Dinamis

Kereta LRT Jabodetabek Tabrakan Di Cibubur Saat Jalani Ujicoba Dinamis

Dua rangkaian trainset Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek mengalami tabrakan di kawasan Cibubur pada Senin siang (25/10).

Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) turut bersimpati terjadinya insiden tabrakan yang menimpa LRT Jabodebek saat pelaksanaan ujicoba dinamis yang bertujuan untuk menjamin keselamatan LRT.

“Insiden ini terjadi saat tengah dilakukan langsir dalam rangka pengujian sarana internal oleh PT INKA. Tahapan pengujian yang dilakukan merupakan proses penting dalam memastikan faktor keselamatan dan keamananan transportasi LRT Jabodebek. Sudah seharusnya proses ini dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian,” tegas Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, Senin (25/10).

“Kami juga turut prihatin atas satu korban luka dalam insiden ini yaitu Masinis yang saat ini sudah dirawat di rumah sakit dan mendoakan korban dapat segera pulih. Kami pastikan dalam insiden ini tidak ada korban jiwa,” imbuh Zulfikri.

Kemenhub juga meminta proses investigasi dan evaluasi atas insiden ini dapat segera dilaksanakan dengan baik karena aspek keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam bertransportasi.

Penjelasan PT INKA Atas Peristiwa Kecelakaan LRT Jabodebek

Direktur PT INKA, Budi Noviantoro saat konferensi mengatakan, tabrakan terjadi akibat kesalahan masinis yang tidak mengurangi kecepatan. Kecepatan KRL tidak berkurang saat berdekatan dengan unit kereta yang sedang diam di jalur yang sama.

“Terindikasi lansiran yang cepat, masinisnya alhamdulillah tidak apa-apa (luka ringan). Selanjutnya tim dari KNKT akan melakukan investigasi. Investigasi inilah yang akan menjadi penentu langkah selanjutnya,” ujar Budi.

Ditempat terpisah, SM PKBL, CSR & Relationship PT INKA, Bambang Ramadhiarto menjelaskan, pada Senin, 25 Oktober 2021, pukul 13.00 WIB telah terjadi peristiwa tabrakan LRT Jabodebek yang selesai menjalani pengujian. Tabrakan tersebut melibatkan dua rangkaian kereta LRT di antara petak stasiun Harjamukti – stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek. Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT.

“Kronologi kejadian tersebut terdapat satu rangkaian kereta akan langsir tertabrak rangkaian yang sedang stabling. Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang. Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS. Dan untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA,” imbuh Bambang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments