Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeFinancePress Update: Menko Polhukam Berpesan Agar Pinjaman Online Ilegal Dihentikan

Press Update: Menko Polhukam Berpesan Agar Pinjaman Online Ilegal Dihentikan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud Mahmodin atau kerap disapa Mahfud MD menghimbau penyelenggara pinjaman online (pinjol) ilegal untuk menghentikan operasi sekarang atau berhadapan dengan hukum.

Mahfud MD mengungkapkan secara hukum perdata, pinjol ilegal adalah tidak sah karena tidak memenuhi syarat objektif maupun syarat subjektif seperti diatur dalam hukum perdata.

Mahfud MD mengungkapkan kepada pinjol ilegal akan digunakan pasal 368 KUH Pidana pemerasan, pasal 335 KUH Pidana tentang perbuatan tidak menyenangkan, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan Undang-Undang ITE pasal 20 dan pasal 32 ayat 2 dan ayat 3.

“Hentikan penyelenggarakan pinjol ilegal, bagi masyarakat yang menjadi korban jangan membayar, kami umumkan kepada masyarakat bahwa pinjol ilegal itu ya ilegal namanya juga ilegal sebab itu seperti statement resmi oleh OJK, kami imbau hentikan penyelenggaraan pinjol ilegal,” jelasnya seperti dikutip dari kanal YouTube Kemenko Polhukam Indonesia pada Selasa (19/10).

Mahfud MD menegaskan pemerintah Indonesia dan penegak hukum akan melakukan tindakan tegas pada pinjol ilegal. Sementara bagi pinjol legal yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK dipersilakan berkembang karena justru hal itu yang kita harapkan.

“Tetapi yang ilegal ini yang kita tindak dengan ancaman hukum pidana. Bareskirm polri akan memasifikasi tindakannya nanti diberbagai tempat kalau ada orang yang tetap dipaksa bayar jangan bayar karena itu ilegal,” ujarnya.

Rapat tersebut dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono hingga Kepala Bareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments