Friday, April 19, 2024
spot_img
HomeASEANBrunei Pangkas Masa Karantina Bagi Pelancong Yang Telah Divaksinasi Penuh

Brunei Pangkas Masa Karantina Bagi Pelancong Yang Telah Divaksinasi Penuh

Bagi pelancong yang telah mendapatkan vaksinasi penuh dan berkunjung Brunei akan menjalani periode isolasi yang lebih pendek dari satu hingga tujuh hari dari 14 hari, sebagai bagian dari aturan karantina Covid-19 yang direvisi Pemerintah Brunei mulai 15 Oktober 2021.

Menteri Kesehatan Brunei, YB Dato Dr Hj Mohd Isham Hj Jaafar pada Kamis (14/10) mengatakan,”Periode karantina yang lebih pendek berlaku untuk individu yang menerima dosis vaksin Covid-19 kedua setidaknya dua minggu sebelum kedatangan mereka ke Brunei dan durasi karantina juga tergantung pada penilaian risiko negara keberangkatan pemudik.”

Untuk menentukan masa karantina penumpang, otoritas kesehatan juga akan mempertimbangkan jenis vaksin yang diberikan dan hasil tes PCR negatif Covid-19 sebelum dan sesudah kedatangan para pelancong.

Pelancong penting masih diminta untuk meminta persetujuan dari Kantor Perdana Menteri untuk masuk dan meninggalkan Brunei.

Saat ini, hanya pelancong di bawah pengaturan perjalanan green lane Brunei-Singapura yang diizinkan untuk melewati periode isolasi 14 hari.

Dalam perubahan lain pada pedoman perjalanan, semua kedatangan harus mendapatkan tes PCR Covid-19 dalam waktu 48 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan mereka.

Penumpang sebelumnya diharuskan mengikuti tes PCR sebelum keberangkatan dalam waktu 72 jam sebelum kedatangan mereka.

Untuk pelancong yang belum menyelesaikan rejimen vaksinasi lengkap, mereka masih harus menjalani karantina wajib 14 hari di hotel yang ditunjuk.

Penggunaan paspor vaksin adalah ‘kemungkinan besar’, Menteri kesehatan telah mengisyaratkan “kemungkinan besar” bahwa individu yang tidak divaksinasi akan menghadapi lebih banyak pembatasan Covid-19 setelah ekonomi dibuka kembali.

“Ada kemungkinan besar kami akan menggunakan paspor vaksin kami. Kalau tidak divaksin, akan sulit bagi Anda,” tambahnya.

Paspor vaksin telah digunakan di negara lain untuk membuktikan status vaksinasi COVID-19 seseorang dan menentukan apakah mereka dapat mengakses ruang publik.

Namun, World Health Organization (WHO) saat ini tidak mendukung penggunaan wajib paspor vaksin karena masalah diskriminasi dan kesetaraan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments