Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeTechnology5 Vendor Smartphone Terlaris Pada Kuartal II-2021 di Indonesia

5 Vendor Smartphone Terlaris Pada Kuartal II-2021 di Indonesia

IDC yang merupakan firma riset telah merilis peringkat 5 vendor smartphone terlaris pada kuartal II-2021 di Indonesia.

Xiaomi adalah pemimpin pasar smartphone di Indonesia selama periode tersebut, diikuti oleh Oppo, Vivo, Samsung dan Realme.

Dalam keterangan resminya, IDC tidak menyebutkan secara detail terkait angka pangsa pasar dari 5 vendor smartphone tersebut. Akan tetapi melihat grafis yang dirilis, pangsa pasar Xiaomi mencapai lebih dari 25%.

Berdasarkan laporan IDC, smartphone besutan Xiaomi yang paling laris di Indonesia adalah Redmi 9A dan Redmi 9C. Kemudian, Xiaomi menambah saluran penjualan di berbagai kota di Indonesia melalui gerai online Authorized Store dan Mi Shop.

Pada kuartal I-2021, Oppo menjadi vendor smartphone yang menempati posisi pertama namun kini mengalami penurunan dengan pangsa pasar mendekati 20%. Sementara IDC melaporkan bahwa Oppo masih menjadi yang terlaris untuk segmen smartphone low-end di Indonesia dengan kisaran harga Rp1,5 juta-Rp3 juta.

Kemudian untuk segmen mid-end dengan kisaran harga Rp3 juta-Rp5,7 juta menunjukkan Xiaomi adalah juaranya.

Sementara berdasarkan riset IDC, Vivo yang berada di posisi tiga memiliki pangsa pasar lebih dari 15% dan mengandalkan smartphone segmen low-end dengan menyumbang lebih dari 90% distribusinya.

Lalu untuk posisi keempat diisi Samsung yang memiliki pangsa pasar yang identik dengan Vivo, dimana IDC mengungkapkan bahwa smartphone dari Korea Selatan itu mengalami penurunan penjualan karena masalah pasokan komponen untuk Galaxy A series yang populer.

Terakhir, posisi kelima ditempati oleh Realme yang mengandalkan smartphone model C series dan memiliki pangsa pasar di atas 10%. Vendor smartphone itu melejit berkat Realme 8 yang telah memiliki jaringan 5G dengan kisaran harga Rp3 juta.

Dan berikut ini adalah peringkat dari 5 vendor smartphone terlaris pada kuartal II-2021 di Indonesia versi IDC:

  1. Xiaomi
  2. Oppo
  3. Vivo
  4. Samsung
  5. Realme
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments