Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeTechnologyFitur PeduliLindungi Dapat Digunakan di Sejumlah Aplikasi

Fitur PeduliLindungi Dapat Digunakan di Sejumlah Aplikasi

Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI mengungkapkan bahwa pada bulan Oktober ini fitur PeduliLindungi akan diintegrasikan ke 11 aplikasi populer yang digunakan di Indonesia.

Dan ternyata fitur tersebut sudah dapat dilihat pada sejumlah aplikasi termasuk Gojek yang menampilkannya di halaman utama.

Saat pengguna smartphone memilih ‘check in’ pada logo PeduliLindungi, maka pengguna akan langsung diarahkan untuk mengisi data KTP.

Setelah diisi, muncul halaman untuk melakukan scan QR dan fitur tersebut dapat digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat yang memang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Fitur PeduliLindungi juga hadir di Tokopedia dan fungsinya hampir sama dengan yang ada di aplikasi Gojek. Meskipun demikian, fitur PeduliLindungi yang telah terintegrasi dengan Gojek dan Tokopedia masih versi beta.

Mengenai hal itu, Setiaji selaku Chief Digital Technology Office Kemenkes mengatakan bahwa fitur PeduliLindungi yang diintegrasikan ke 11 aplikasi populer merupakan kebijakan yang berdasarkan masukan publik dan telah dipertmbangkan berdasarkan pemanfaatannya.

Dengan demikian, pengguna smartphone tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

“Fitur ini diluncurkan pada bulan Oktober dan ada 11 aplikasi yang dapat menggunakan fitur PeduliLindungi,” kata Setiaji.

Sampai saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah menembus angka 9 juta pengunduhan dengan rata-rata penggunaan per bulannya adalah 55 juta.

Namun untuk aplikasi PeduliLindungi terdapat sejumlah keluhan dan juga isu yang merebak terkait pengambilan data pengguna tanpa izin. Dan mengenai hal itu, Setiaji menambahkan: “Sistem, infrastruktur dan yang lainnya akan terus diperbaiki berdasarkan berbagai masukan.”

Dan untuk 11 aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi adalah sebagai berikut:

  1. Gojek
  2. Tokopedia
  3. Jaki
  4. Traveloka
  5. Grab
  6. LinkAja
  7. Tiket
  8. Dana
  9. Cinema XXI
  10. Livin’ by Mandiri
  11. Goers
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments