Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeSportJelang MotoGP Amerika 2021, Para Rider Keluhkan Trek COTA

Jelang MotoGP Amerika 2021, Para Rider Keluhkan Trek COTA

Jelang MotoGP Amerika 2021 yang dilangsungkan pada Senin dini hari (4/10/2021), sejumlah rider MotoGP mengeluhkan kondisi permukaan trek COTA (Circuit of the Americas) yang bergelombang.

Dengan demikian, masa depan COTA di kalender MotoGP juga menjadi pertanyaan besar apakah balapan di tahun-tahun mendatang akan digelar di trek itu.

Setelah melakukan sesi latihan bebas untuk MotoGP Amerika 2021, sejumlah rider kelas dunia seperti Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia dan Joan Mir mengatakan bahwa COTA tidak cukup aman untuk balapan.

Menindaklanjuti hal itu, Dorna Sports yang bertindak sebagai promotor MotoGP membuat kesepakatan dengan petugas sirkuit untuk melakukan perbaikan dan memastikan semuanya selesai pada awal 2022.

“Saya melihat Dorna dalam posisi yang sangat bagus,” kata Joan Mir (rider Suzuki) setelah menjalani kualifikasi pada hari Sabtu. “Mereka kritis, mereka sangat memahami situasinya.

“Setiap rider mengeluh tentang aspal, mengatakan bahwa kami tidak dapat mengulangi semua sesi atau bahkan balapan dalam kondisi seperti itu. Memang semuanya mulai terbiasa tapi itu bukan kondisi normal.

“Saya berharap ada solusi dan kami berharap kembali ke trek ini tahun depan dalam kondisi yang bagus.”

Sementara itu, Aleix Espargaro (rider Aprilia) mengaku kesulitan selama menjalani sesi latihan bebas dan berharap Dorna Sports memastikan komitmen dari petugas sirkuit.

“Mereka berjanji kepada kami (para rider) bahwa akan ada perbaikan karena treknya tidak aman, terlebih lagi di Turn 2 dan Turn 10 yang gelombangnya cukup besar,” katanya. “Tapi di Turn 6 juga buruk. Dengan begitu, tentu tidak aman untuk melakukan balapan tetapi semuanya harus dilanjutkan.

“Kami harus beradaptasi dengan apa yang mereka atur. Mereka selalu mengatakan bahwa keselamatan adalah hal utama dan itu sangat penting, jadi mari kita lihat selanjutnya.”

Lalu komentar negatif juga terlontar dari Francesco Bagnaia (rider Ducati) tentang COTA, bahkan dia membandingkan bahwa trek ini jauh lebih buruk daripada Silverstone pada 2018 lalu.

“Saya pikir balapan kali ini melampaui batas tentang keselamatan, jadi kami akan berbicara setelahnya dan kami akan mengambil keputusan. Trek ini (COTA) jauh lebih buruk daripada Silverstone,” katanya.

Dan tanggapan tentang COTA yang terakhir datang dari Fabio Quartararo (rider Yamaha), dengan mengatakan: “Trek ini seperti yang saya gunakan untuk berlatih dengan motor motocross, tapi jauh lebih cepat dan dengan motor MotoGP,” katanya. “Bagi saya, ini bukan trek MotoGP dan seperti lelucon.

“Saya biasanya tidak berbicara dengan komisi keselamatan, tetapi ketika ada sesuatu yang serius, saya akan pergi dan hari ini sesuatu yang serius untuk keselamatan adalah treknya tidak aman. Bagi saya, ini sangat membahayakan.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments