Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeASEANMasa Karantina Singapura Bagi Wisatawan Dipotong Menjadi 10 Hari

Masa Karantina Singapura Bagi Wisatawan Dipotong Menjadi 10 Hari

Pemberitahuan tinggal di rumah dalam situasi Covid-19 untuk beberapa pelancong dipotong menjadi 10 hari dan periode penilaian riwayat perjalanan juga dipersingkat.

Wisatawan yang memasuki negara Singapura yang saat ini diharuskan untuk menjalani pemberitahuan tinggal di rumah selama 14 hari akan dikurangi menjadi 10 hari, kata Ministry of Health (MOH) pada Sabtu (2 Oktober 2021).

Hal ini sejalan dengan pemendekan masa karantina lokal dengan mempertimbangkan masa inkubasi varian Delta yang lebih pendek, kata MOH Singapura.

Periode pemberitahuan tinggal di rumah yang baru, yang berlaku untuk mereka yang datang dari wilayah Kategori III dan IV, akan dimulai mulai pukul 23.59 waktu Singapura pada 6 Oktober 2021.

Pelancong tersebut akan menjalani tes polymerase reaction chain (PCR) pada saat kedatangan dan pada hari ke-10. Mereka juga akan menjalani tes antigen rapid (ART) yang dilakukan sendiri pada hari ketiga dan ketujuh.

Menginap 10 hari di fasilitas pemberitahuan tinggal di rumah khusus akan dikenakan biaya S$1.450, dibandingkan dengan S$2.000 untuk masa inap 14 hari.

Kementerian menambahkan bahwa tindakan perbatasan akan ditentukan berdasarkan riwayat perjalanan pelancong dalam 14 hari terakhir, bukan 21 hari yang ada.

Riwayat perjalanan masih mencakup transit dalam perjalanan ke Singapura dan waktu yang dihabiskan di Singapura sebelum perjalanan.

Pelancong yang divaksinasi lengkap yang tinggal di negara atau wilayah Kategori III dalam 14 hari terakhir sebelum tiba di Singapura dapat mengajukan permohonan untuk melayani periode pemberitahuan tinggal di rumah di tempat tinggal mereka atau akomodasi lain yang sesuai.

Tetapi ini hanya jika mereka menempati akomodasi tersebut sendirian, atau dengan anggota rumah tangga yang juga divaksinasi, dan melayani pemberitahuan tinggal di rumah dengan riwayat perjalanan yang sama.

Pelancong yang tidak divaksinasi masih akan diminta untuk menjalani pemberitahuan tinggal di rumah selama 10 hari di fasilitas khusus.

NEGARA/WILAYAH BARU DITAMBAHKAN
Lebih banyak negara dan wilayah juga telah ditambahkan ke klasifikasi Singapura, berdasarkan situasi Covid-19.

Negara-negara baru yang ditambahkan ke Kategori II mulai pukul 23.59 pada 6 Oktober adalah Republik Ceko, Denmark, Prancis, Finlandia, Italia, Jepang, Luksemburg, Malta, Belanda, Portugal, Spanyol, dan Swedia.

Untuk Kategori III, tambahan baru adalah Bahrain, Bhutan, Siprus, Fiji, Yunani, Islandia, Irlandia, Liechtenstein, Maladewa, Slovakia, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

PERSYARATAN MASUK VAKSINASI BARU
Mulai 1 November 2021, semua pemegang work pass, tanggungan mereka, serta pemegang pass pelajar harus divaksinasi lengkap sebelum tiba di negara Singapura.

Ini untuk “memungkinkan pekerja dan pelajar yang diperlukan untuk memasuki perbatasan Singapura dengan cara yang aman dan terkalibrasi sambil meminimalkan risiko kesehatan masyarakat”, kata MOH.

Ketentuan vaksinasi untuk masuk tidak akan berlaku untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun pada saat kedatangan.

Mereka yang berusia antara 12 dan kurang dari 18 tahun pada saat kedatangan, yang tidak divaksinasi, dapat masuk – tetapi harus menyelesaikan rejimen vaksinasi lengkap dalam waktu dua bulan setelah kedatangan.

Ada juga pengecualian bagi mereka yang secara medis tidak memenuhi syarat untuk vaksinasi.

MOH menambahkan, bagi wisatawan yang memasuki Singapura melalui Familial Ties Lane, prioritas akan diberikan kepada mereka yang telah divaksinasi lengkap.

MELANJUTKAN PERSETUJUAN MASUK
Kementerian Tenaga Kerja juga akan melanjutkan izin masuk untuk pekerja rumah tangga migran, dan S Pass dan pemegang izin kerja dari sektor konstruksi, galangan kapal dan proses yang memasuki Singapura dari negara/kawasan berisiko tinggi. Aplikasi untuk persetujuan masuk akan dimulai dari 15 Oktober 2021.

Tetapi para pekerja ini juga harus divaksinasi lengkap sebelum kedatangan.

“Persetujuan masuk akan dibatasi mengingat situasi COVID-19 lokal dan global yang berkembang dan perlu meminimalkan risiko impor.

“Pemegang tiket mungkin harus menunggu sekitar tiga hingga enam bulan sebelum mereka bisa masuk ke Singapura,” kata MOH.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments