Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeSportPembukaan PON XX Papua 2021, Presiden: Kita Bangga Berada Di Tanah Papua

Pembukaan PON XX Papua 2021, Presiden: Kita Bangga Berada Di Tanah Papua

Kilau lampu warna warni terpancar di langit Stadion Lukas Enembe, Sabtu 2 Oktober 2021 malam. Warna-warninya yang indah itu disertai suara riuh, telah menandakan bahwa seremoni pembukaan PON XX Papua 2021 sedang berlangsung.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Sambil tersenyum lebar Jokowi menyampaikan rasa bangganya bisa berada di Tanah Papua dalam acara bergengsi olahraga skala nasional ini.

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara sama, kita bangga berada di Tanah Papua,” kata Jokowi disambut gemuruh penonton di Lukas Enembe Stadium, Papua pada 2 Oktober 2021.

“Kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini,” seru Jokowi lagi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa ajang olahraga ini juga menggambarkan kemajuan Papua baik dalam kesiapan infrastruktur juga masyarakatnya.

Selain itu, PON XX Papua yang baru pertama kali digelar di Bumi Cenderawasih itu bermakna besar bagi persatuan Indonesia.

“PON ini juga punya makna besar bagi panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama dalam bingkai NKRI,” kata Jokowi.

Setelah Presiden Jokowi membunyikan sirine tanda diresmikannya PON XX Papua 2021, tungku api PON langsung dinyalakan secara estafet oleh atlet-atlet legendaris Indonesia.

Pesta kembang api kembali dilangsungkan sebagai isyarat bahwa upacara pembukaan PON XX Papua 2021 sedang dilaksanakan.

Pada gelaran olahraga ini ada 34 kontingen dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Jumlah atlet ada 6.116 tamu dan 923 atlet tuan rumah yakni dari Provinsi Papua. Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XX Papua 2021.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments