Sunday, May 5, 2024
spot_img
HomeASEANPerdana Menteri Malaysia Luncurkan Rancangan Malaysia Ke-12 Untuk Lima Tahun

Perdana Menteri Malaysia Luncurkan Rancangan Malaysia Ke-12 Untuk Lima Tahun

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob pada Senin (27/8) meluncurkan peta jalan lima tahun dari 2021 hingga 2025 untuk negara di bawah Rancangan Malaysia ke-12 di Dewan Rakyat, Kuala Lumpur, dengan tujuan mencapai “Keluarga Malaysia — Makmur, Inklusif, Mampan” atau kemakmuran, inklusivitas, dan keberlanjutan untuk “Keluarga Malaysia”.

Rancangan Malaysia ke-12 (12MP) memiliki 9 bidang fokus yang mencakup aspek-aspek, seperti: ekonomi, kemiskinan, dan kesenjangan pendapatan.

Berikut adalah ringkasan singkat dari beberapa sorotan dalam hal kebijakan, tindakan, dan rencana dari sembilan area fokus di bawah Rencana Malaysia ke-12:

  1. Pemerintah memastikan lebih banyak pekerjaan berketerampilan tinggi yang diciptakan dengan menarik investasi baru berteknologi tinggi, mendorong industri untuk beralih ke otomatisasi dan mekanisasi dalam produksi, membatasi masuknya pekerja asing berketerampilan rendah, meningkatkan kolaborasi industri-akademisi. Dalam jangka panjang, tenaga kerja asing di Malaysia dibatasi maksimal 15 persen.
  2. Pemerintah membangun 500.000 rumah terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah di kelompok 40 persen terbawah (B40), 40 persen menengah (M40); Alokasi RM 2,25 miliar selama periode 12MP untuk membangun dan memperbaiki 85.500 unit rumah bagi masyarakat miskin di bawah Program Bantuan Rumah.
  3. Memberantas kemiskinan garis keras pada tahun 2025. Unit khusus baru di tingkat federal dan distrik akan dibentuk dengan petugas yang diberi tugas khusus untuk menangani kemiskinan di tingkat distrik.
    Bantuan keuangan yang ditargetkan seperti pemberian uang tunai dan perlindungan sosial terus berlanjut. Program yang menelan biaya RM 1,5 miliar akan ditingkatkan untuk meningkatkan daya jual, kesejahteraan, dan daya beli B40.
  4. Perdana Menteri Malaysia menyerukan perusahaan, individu untuk membantu Malaysia keluar dari kemiskinan melalui pemberian bantuan seperti zakat, wakaf.
  5. Memperbaiki kemiskinan juga berarti menutup kesenjangan pendidikan dan gizi. Siswa B40 mendapatkan prioritas untuk mendaftar di sekolah bergengsi dan beasiswa. Pemerintah menyediakan makanan bergizi untuk mengatasi peningkatan gizi buruk pada anak-anak B40.
  6. Pemerintah memastikan anak-anak M40 memiliki akses ke pendidikan berkualitas dengan biaya yang wajar, dan mendorong M40 untuk membeli asuransi kesehatan, kerja dengan harga terjangkau sementara pelatihan untuk M40 akan ditingkatkan.
  7. Program baru, pendanaan untuk meningkatkan keberlanjutan bisnis Bumiputera hingga mencapai 15 persen kontribusi terhadap PDB oleh usaha mikro, kecil, menengah Bumiputera pada tahun 2025
  8. Memperkuat kebijakan dan implementasi kuota kepemilikan rumah Bumiputera melalui kerjasama yang lebih erat dengan pemerintah federal, pemerintah negara bagian, dewan lokal
  9. Setidaknya 30 persen ekuitas perusahaan Bumiputera belum tercapai. Memperkenalkan jaring pengaman untuk kepemilikan ekuitas Bumiputera yang berkelanjutan, di mana perusahaan Bumiputera atau saham Bumiputera hanya ditawarkan dan dijual kepada konsorsium, perusahaan, atau individu Bumiputera lainnya.Kepemilikan dan pelepasan kepemilikan di perusahaan Bumiputera diatur oleh kementerian dan lembaga terkait.
  10. Penugasan kembali pejabat di seluruh instansi pemerintah, kementerian bidang kesejahteraan Bumiputera dengan mandat yang lebih jelas, berfungsi untuk dibentuk kembali mengkoordinasikan upaya-upaya pelaksanaan agenda Bumiputera.
  11. Meningkatkan Pendidikan Orang Asli, meningkatkan kesempatan mengenyam pendidikan sampai Sekolah Menengah Pertama. Komunitas Tionghoa berpenghasilan rendah di desa-desa baru memiliki akses yang lebih baik ke skema pinjaman bisnis khusus, peningkatan infrastruktur, fasilitas sosial untuk melanjutkan.
    Pemerintah untuk terus mendukung peningkatan keterampilan, bantuan yang ditargetkan, peluang kewirausahaan bagi masyarakat India, terutama mereka yang berpenghasilan rendah.
  12. Pemerintah berencana untuk meningkatkan pusat lansia dari 140 nasional saat ini untuk mencakup semua konstituen parlemen. harus memiliki lebih banyak kota ramah lansia di masa depan, karena Malaysia diharapkan menjadi negara yang menua pada tahun 2030.
  13. Pemberdayaan komunitas difabel yang berkelanjutan dengan program-program seperti pelatihan kerja, program kewirausahaan, pameran karir khusus, layanan pusat kehidupan mandiri. Dengan tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan yang ditargetkan mencapai 59 persen pada tahun 2025, layanan yang lebih baik untuk pengasuhan anak dan perawatan lansia dengan biaya yang wajar untuk mendorong lebih banyak perempuan untuk kembali bekerja atau tetap bekerja. Untuk lebih mengembangkan kewirausahaan perempuan, dorong bisnis online. Hukum perdata dan Syariah harus ditingkatkan untuk menangani isu-isu terkait perempuan. Pengenalan kerangka pemberdayaan gender.
  14. Perdana Menteri Malaysia memberikan komitmen kepada Malaysia untuk menjadi negara karbon netral sedini 2050, mengatakan tidak ada pembangkit listrik tenaga batu bara baru akan dibangun. Beberapa pembangkit listrik tenaga gas di Semenanjung Malaysia menggantikan pembangkit listrik tenaga batubara. Pembangkit energi terbarukan (solar, biomassa, biogas) ditargetkan meningkat menjadi 31 persen dari seluruh kapasitas terpasang pada 2025.
  15. Pemerintah akan memastikan amandemen konstitusi Undi18 — yang memungkinkan warga Malaysia berusia 18 tahun untuk memilih — akan dilaksanakan secepatnya.
  16. Pemerintah menargetkan digitalisasi layanan pemerintah atau end to end online services ditingkatkan hingga 80 persen pada 2025. Departemen, lembaga pemerintah akan direstrukturisasi untuk mengurangi birokrasi. Pemerintah meningkatkan seleksi dan penerimaan pejabat pengelola dan profesional untuk mendapatkan talenta terbaik. Proposal studi untuk memperkenalkan undang-undang untuk pemisahan kekuasaan dan tanggung jawab yang lebih jelas antara anggota administrasi dan pegawai negeri.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments