Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeASEANPerdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin secara resmi mundur setelah mengajukan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah, Senin (16/08/2021).

“Hari ini adalah hari terakhir saya sebagai Perdana Menteri dan saya ridho dengan ketentuan Illahi ini”, ujar Muhyiddin dalam pidato kenegaraan yang dikutip Reuters.

Ia kemudian berkata, “Sesungguhnya jabatan yang saya pikul bukan kemegahan, ini adalah beban tanggung jawab yang amat berat”.

Setelah mengucapkan terima kasih kepada rakyat Malaysia dan kabinetnya, Muhyiddin menyatakan harapan agar Raja dapat memilih penggantinya dengan baik.

Kabar pengunduran diri pemerintahan Muhyiddin terus menguat setelah Perdana Menteri terus dikritik terkait penanganan pandemi Covid-19 dan terlibat selisih pendapat dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah terkait pemberlakuan status darurat nasional Covid-19.

Sejak saat itu, oposisi menganggap Muhyiddin melanggan konstitusi karena melangkahi wewenang Sultan Abdullah. Para penentang Muhyiddin juga merasa sang Perdana Menteri berupaya untuk menghindari mosi tidak percaya dengan menunda rapat parlemen.

Muhyiddin pun mengundurkan diri setelah 17 bulan kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri Malaysia yang penuh gejolak. Meksi hingga kini belum jelas siapa yang akan menggantikan Muhyiddin.

Keputusan itu kemungkinan akan diserahkan ke Sultan Abdullah sebagai Kepala Negara. Raja Malaysia memiliki kewenangan menunjuk anggota parlemen untuk menjadi Perdana Menteri yang menurutnya paling mungkin mendapat dukungan mayoritas suara di parlemen.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments