Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeFinancePendapatan Negara Mencapai Rp1.123 Triliun Hingga Akhir Mei 2024

Pendapatan Negara Mencapai Rp1.123 Triliun Hingga Akhir Mei 2024

INAKINI.COM – Menteri Keuangan Indonesia (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa situasi ekonomi global dan nasional sangat mempengaruhi kinerja APBN.

Sri Mulyani Indrawati melaporkan, hingga akhir Mei 2024 pendapatan negara telah mencapai Rp 1.123,5 triliun atau 40,1 persen dari target APBN tahun ini. Meskipun mencerminkan pencapaian yang cukup baik, pertumbuhan dibandingkan tahun lalu menunjukkan penurunan sebesar 7,1 persen.

“Seperti diingat tahun 2023 dan 2022 di mana kenaikan harga komoditas terutama pada tahun 2022 itu luar biasa tinggi sehingga membukukan penerimaan dari sisi perpajakan maupun PNBP yang cukup tinggi. Ini tentu sesuatu yang perlu untuk terus kita monitor dan waspadai,” ungkap Menkeu di konferensi pers APBN Kita secara daring pada Kamis (27/06).

Pada periode yang sama, Menkeu juga menjelaskan belanja negara tercatat telah mencapai Rp 1.145,3 triliun, atau setara 34,4 persen dari total pagu dalam APBN. Ini menunjukan peningkatan belanja sebesar 14,0 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selanjutnya, keseimbangan primer dalam APBN juga dilaporkan positif dengan surplus Rp 184,2 triliun.

Namun, secara total anggaran membukukan defisit sebesar Rp 21,8 triliun, atau setara 0,1 persen dari produk domestik bruto (PDB), akibat pengaruh dari lingkungan ekonomi global dan nasional terhadap kinerja APBN.

Dengan begitu, kinerja APBN 2024 tidak bisa terlepas dari kondisi perekonomian nasional dan global yang sangat dinamis. Namun, APBN tetap diandalkan menjadi instrumen utama dalam menjaga stabilitas ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan di tengah tantangan ekonomi global.

“APBN bekerja keras untuk terus melaksanakan fungsi alokasi, stabilisasi, dan distribusi untuk menjaga masyarakat dan perekonomian kita,” tegas Sri Mulyani Indrawati.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments