Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomeHealthDua RS Vertikal Raih Healthcare Asia Award 2024

Dua RS Vertikal Raih Healthcare Asia Award 2024

INAKINI.COM – Dua rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) mendapatkan penghargaan dari Healthcare Asia Award 2024 atas kapasitas dan inovasinya dalam pelayanan kesehatan. Penghargaan diberikan di Marina Bay Sand, Singapura.

RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) meraih penghargaan Specialty Hospital of The Year dalam program pengampuan dan MitraClip dengan minimal invasif dan Technology Innovation of The Year dalam penggunaan teknik tindakan teknik zero fluoroscopy (tanpa metode pembedahan).

Direktur Utama RSJPDHK Iwan Dakota pada Selasa (9/4/2024) mengatakan bahwa penghargaan menjadi bukti nyata pihaknya telah menjadi pioner dalam mengembangkan sistem pengampuan di bidang kardiovaskular.

“Kami bangga dapat mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, kami memfokuskan di 34 provinsi untuk dapat memberikan pelayanan operasi jantung terbuka,” kata Iwan Dakota.

Sebagai pusat pelayanan kardiovaskular nasional, RSJPDHK meregionalisasi perawatannya ke RS provinsi yang telah mampu mendukung perawatan di RS tingkat kabupaten atau kota.

Program ini juga mencakup pengembangan fasilitas, infrastruktur, peralatan medis, dan sumber daya manusia. RSJPDHK juga mengembangkan inovasi dalam tindakan intervensi jantung anak dan penyakit jantung bawaan melalui teknik zero fluoroscopy.

Teknik tanpa metode pembedahan ini digunakan untuk menutup lubang atau kerusakan pada dinding pemisah di jantung, baik dalam serambi (atrial septal defect) maupun dinding pada bilik (ventricular septal defect), penutupan foramen ovale persisten, hingga penutupan fistula sinus valsalva.

Teknik ini terbukti sangat efektif dengan waktu prosedur yang lebih singkat, risiko komplikasi yang rendah, dan pemulihan yang cepat. Iwan Dakota berharap RS lain mampu mencapai kemandirian dalam pelayanan kesehatan jantung pembuluh darah.

“Kami akan terus melakukan inovasi pelayanan jantung pembuluh darah ke arah lebih baik seperti yang sudah kami lakukan dalam zero fluoroscopy dan MitraClip,” kata Iwan.

Pada kesempatan yang sama, Pusat Kanker Nasional – RS Kanker (RSK) Dharmais juga meraih dua penghargaan bidang onkologi dan kemampuan diagnosis serta pengobatan kanker payudara yang komprehensif.

Dua penghargaan yang diraih adalah Best Oncology Hospital Of The Year (Indonesia) dan Best Clinical Service Initiative of The Year (Comprehensive Breast Cancer Diagnosis and Treatment).

Kemudian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta cancer fighter dalam upaya tulusnya mengupayakan Transformasi Kesehatan. Semoga menjadi motivasi dalam memberikan layanan yang lebih baik di masa mendatang,” kata Iwan Dakota.

Direktur Utama RSK Dharmais R. Soeko W. Nindito mengatakan penghargaan ini didedikasikan khusus kepada seluruh profesor, dokter, perawat, tenaga kesehatan lainnya dan civitas hospitalia RSK Dharmais.

Healthcare Asia Awards 2024 adalah program penghargaan yang berfokus pada pemberian penghargaan kepada rumah sakit luar biasa di seluruh Asia.

Rumah sakit-rumah sakit yang menerima penghargaan mendefinisikan kembali standar keunggulan dalam industri perawatan kesehatan sebagai tolok ukur baru dalam layanan kesehatan, dan memberikan kontribusi besar kepada komunitas/masyarakat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments