Friday, July 19, 2024
spot_img
HomeTechnologyMerger XL Axiata dan Smartfren, Menkominfo: 3 Operator Cukup

Merger XL Axiata dan Smartfren, Menkominfo: 3 Operator Cukup

INAKINI.COM – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) menyambut positif langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (KemenKominfo) yang menyetujui operator seluler PT XL Axiata Tbk (EXCL) bergabung alias merger dengan Smartfren.

Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys pun mengharapkan ada titik terang dari wacana yang sudah berjalan lama ini.

“Saya masih menanti dan mengharap kabar baik,” ujar Merza Fachys pada Rabu (27/3).

Namun Merza Fachys masih enggan membocorkan sudah sejauh mana tahapan diskusi terkait rencana merger tersebut. “Saya juga kurang tahu,” ucapnya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan, Kominfo menyetujui XL Axiata dan Smartfren merger agar industri telekomunikasi lebih sehat.

“Iya lebih sehat dan efisien. Tiga cukup,” kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi di BSD, Kabupaten Tangerang, Selasa (26/3). Adapun skema bisnisnya, ia serahkan ke perusahaan masing-masing.

“Tunggu aja, jangan spekulasi, tunggu aja. Nanti mau dirapatin. Tapi yang pasti kita ingin industri ini sehat. Karena industri telekomunikasi ini lagi suffer, lagi berat,” kata Menkominfo.

Diketahui kabar XL Axiata dan Smartfren berdiskusi untuk merger muncul sejak 2021. Kemudian muncul lagi pada pertengahan tahun lalu.

Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, merger merupakan kewenangan Axiata Group Bhd selaku induk usaha. “Konsolidasi sebenarnya baik buat industri. Pak Menteri kan menyebutkan idealnya itu tiga operator konsolidasi baik buat industri,” kata dia dalam acara Syukuran Anniversary XL Axiata 27th, di Jakarta, pada Oktober tahun lalu (9/10/2023).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments