Wednesday, May 1, 2024
spot_img
HomeASEANSingapore Indoor Stadium Akan Digantikan Arena Baru di Kallang

Singapore Indoor Stadium Akan Digantikan Arena Baru di Kallang

INAKINI.COM – Pemerintah Singapura berencana membangun arena baru menggantikan Singapore Indoor Stadium yang dibuka hampir 35 tahun lalu.

Terletak berdekatan dengan Stadion Indoor, venue yang belum disebutkan namanya ini akan menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya secara global, kata Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda (Minister for Culture, Community and Youth) Singapura Edwin Tong pada Kamis (7 Maret), saat ia menguraikan rencana belanja kementeriannya untuk tahun 2024.

Konser dan acara olahraga sering kali memerlukan daya yang lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh infrastruktur Stadion Indoor, kata Kementerian Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda (Ministry of Culture, Community and Youth/MCCY) Singapura dalam jumpa pers pekan lalu.

Uang, waktu dan sumber daya perlu dikeluarkan untuk menambah daya ekstra atau dukungan listrik.

Sementara itu, negara-negara di kawasan ini telah membangun atau sedang membangun arena dalam ruangan yang dapat menyelenggarakan acara yang lebih canggih atau memiliki waktu penyelesaian yang lebih cepat. Mereka juga menawarkan proposisi nilai yang lebih besar kepada penonton, seperti suite perhotelan yang lebih bervariasi.

“Pesaing kita tidak tinggal diam, dan kita juga harus terus berinovasi dan berkembang jika kita ingin terus menarik acara-acara papan atas,” kata Tong di parlemen, seraya menekankan bahwa acara-acara internasional berkualitas tinggi adalah hal yang berharga dan sangat dinantikan.

Singapura telah “berkeliling untuk mempelajari beberapa arena terbaik di dunia, untuk belajar darinya”, katanya.

Arena dalam ruangan yang baru ini akan mendukung visi Singapura untuk kawasan Kallang Alive di sekitarnya untuk menjadi tuan rumah acara kelas dunia dan berfungsi sebagai markas bagi atlet nasional dan tujuan lainnya.

Rencananya masih dalam tahap awal dan Singapore Indoor Stadium akan terus beroperasi untuk saat ini.

“Hal ini meminimalkan gangguan terhadap rangkaian acara dan program, yang dapat terus berlanjut selama masa konstruksi arena baru,” kata Tong.

MCCY sedang mempertimbangkan penggunaan Stadion Indoor di masa depan, yang secara resmi dibuka pada tahun 1989.

Stadion Indoor dan infrastruktur pendukungnya menelan biaya pembangunan S$90 juta (US$67,1 juta). Stadion ini dapat menampung hingga 12.000 penonton dan arena baru “setidaknya memiliki kapasitas yang sama”, kata Tong pada hari Kamis.

Beberapa acara olahraga dan hiburan besar telah diadakan di Stadion Indoor selama bertahun-tahun, mulai dari Kanye West dan Tina Turner hingga Hiburan Gulat Dunia dan Final Asosiasi Tenis Wanita.

Pada tahun 2023, tempat ini menjadi tuan rumah pertunjukan bintang Cantopop Jacky Cheung dan grup K-pop veteran Shinee.

MENARIK LEBIH BANYAK ACARA UTAMA

MCCY juga mengumumkan bahwa S$165 juta akan disisihkan selama empat tahun untuk Dana Acara Olahraga Utama guna menarik lebih banyak acara olahraga kelas dunia ke Singapura.

Kementerian mencatat bahwa banyak acara serupa diadakan di Singapura selama setahun terakhir, termasuk Olympic Esports Week, World Table Tennis Singapore Smash, dan HSBC Singapore Rugby Sevens.

Tong mengatakan Sports Hub sudah siap untuk menjadi tuan rumah bagi banyak acara ini mengingat rangkaian fasilitas yang tersedia, dan menariknya acara ini akan membawa manfaat yang sangat besar.

Ketika semakin banyak warga Singapura yang menikmati aksi olahraga besar ini, beberapa orang mungkin akan terinspirasi untuk ambil bagian, kata MCCY.

Atlet tim Singapura juga berkesempatan bertanding melawan atlet terbaik dunia.

Peristiwa seperti ini biasanya dipelajari berdasarkan kasus per kasus dan dengan adanya dana yang disisihkan, Singapura dapat membuat rencana terlebih dahulu.

Untuk memanfaatkan Dana Acara Olahraga Utama, pemilik acara dapat menghubungi Sport Singapore untuk menyampaikan proposal, kata MCCY.

Dewan hukum (statutory board) kemudian akan menilai manfaat dari diadakannya acara tersebut, dan jumlah dukungan pendanaan untuk disumbangkan pada acara tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments