Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeTravelMenparekraf Apresiasi Penerbangan Perdana Vistara Rute New Delhi-Denpasar

Menparekraf Apresiasi Penerbangan Perdana Vistara Rute New Delhi-Denpasar

INAKINI.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik penerbangan langsung perdana maskapai Vistara dengan rute New Delhi-Denpasar yang akan memperkuat kunjungan wisatawan mancanegara khususnya India sebagai salah satu pasar terbesar wisatawan ke Indonesia.

Penerbangan perdana Vistara rute New Delhi (DEL)-Denpasar (DPS) dimulai pada 1 Desember 2023 dengan kapasitas 188 penumpang.

Pesawat Airbus A321 bernomor UK145 itu berangkat dari New Delhi (DEL) pukul 00.30 IST (waktu India) dan tiba di Denpasar (DPS) pada pukul 11.05 WITA. Seterusnya, rute New Delhi – Denpasar akan terbang harian dengan frekuensi satu hari sekali.

Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya pada Sabtu (2/12) mengatakan penerbangan langsung dari New Delhi ke Bali telah lama dinantikan mengingat India menempati peringkat kedua jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali dengan total 360.415 kunjungan sepanjang Januari hingga Oktober 2023.

“Pascapandemi dan berangsur pulihnya ekonomi dunia, Bali masih menjadi destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara asal India. Sehingga adanya penerbangan langsung ini menjadi stimulus besar bagi kunjungan wisatawan mancanegara di penghujung tahun 2023 dan seterusnya,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf/Baparekraf turut mendukung rangkaian acara penerbangan perdana Vistara rute New Delhi-Denpasar pada Jumat, 1 Desember 2023 di Terminal Kedatangan Internasional, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali dengan menyambut dan membagikan cenderamata Wonderful Indonesia kepada seluruh penumpang.

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali menghadirkan tarian tradisional Bali ‘Sekar Jagat’ serta sepasang Duta Wisata Teruna-Teruni Provinsi Bali untuk menyambut kedatangan para penumpang.

Deputi Bidang Pemasaran – Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini hadir langsung dalam seremoni penerbangan (Inaugural Flight) Vistara rute New Delhi-Denpasar tersebut.

Ia mengatakan, penerbangan ini merupakan kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata, semenjak penerbangan rute Mumbai-Denpasar terakhir beroperasi pada 2019 silam.

“Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisatawan mancanegara di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan 444.768 kunjungan hingga September 2023. Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat bertahan dan terus bertambah kedepannya,” ujar Ni Made Ayu Marthini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments