Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeFoodPemerintah Siapkan 1 Juta Hektare Lahan di Papua untuk Swasembada Gula

Pemerintah Siapkan 1 Juta Hektare Lahan di Papua untuk Swasembada Gula

INAKINI.COM – Pemerintah menyiapkan sebanyak satu juta hektare lahan di Papua untuk mendukung peningkatan produksi sekaligus mendorong swasembada gula nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertanian Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam keterangan pers usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (12/12).

“Kita bahas masalah industri gula. Rencananya di Papua kita siapkan lahan kurang lebih satu juta hektare,” kata Mentan Andi Amran Sulaiman di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/12).

Andi Amran Sulaiman menyampaikan, lahan tersebut terbuka bagi investor dari dalam maupun luar negeri yang berminat untuk membangun pabrik gula di tanah air. Saat ini, lanjut Mentan, telah ada investor yang mulai menanam bibit tebu di Papua.

“Sekarang ini bahkan sudah beberapa investor yang sudah berminat dari luar negeri maupun dalam negeri untuk membangun pabrik gula di Papua, sehingga nantinya insyaallah kita bisa swasembada gula ke depan,” ucapnya.

Amran mengatakan, untuk mencapai swasembada dibutuhkan 20 hingga 30 unit pabrik gula berkapasitas 12 ribu ton tebu per hari atau 12 ribu TCD. Berdasarkan pengalaman membangun 10 pabrik gula pada tahun 2014 hingga 2019 atas arahan Presiden Jokowi, Amran mengatakan untuk membangun pabrik berkapasitas 12 ribu TC diperlukan biaya sekitar Rp2,5 triliun hingga Rp3,5 triliun.

“Satu unit itu membutuhkan biaya kalau 12 ribu TCD sebesar Rp2,5 triliun sampai Rp3 triliun, satu unit pabrik gula,” ujarnya.

Mentan menyampaikan, jika produksi gula nasional telah dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri, komoditas tebu juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bioetanol.

“Manakala swasembada gula sudah tercapai bahkan ekspor, mungkin kita membuat etanol, sinergi dengan Pertamina,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments