Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeASEANPara Menlu Sepakat Visi ASEAN 2045

Para Menlu Sepakat Visi ASEAN 2045

INAKINI.COM – Para menteri luar negeri (Menlu) yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sepakat untuk merekomendasikan Visi 2045, agar dapat disahkan oleh para pemimpin dalam 43rd ASEAN Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, pada 5-7 September 2023.

Demikian disampaikan Menlu Indonesia Retno Marsudi, melalui keterangan tertulisnya, usai Pertemuan para Menlu ASEAN di Jakarta, Senin (4/9).

Retno menegaskan, Visi ASEAN 2045 diinisiasi oleh Indonesia sebagai ketua ASEAN tahun 2023, sebagai panduan baru untuk ASEAN pasca-2025 melalui ASEAN Concord IV.

Selain visi tersebut, kata Retno, KTT ke-43 ASEAN akan menghasilkan dokumen konkret terkait prosedur pengambilan keputusan dalam situasi darurat, serta kerja sama tentang ketahanan pangan, energi, kesehatan, ekonomi digital, dan maritim.

“Selama pertemuan para Menlu ASEAN, mereka juga menyambut baik niat Luksemburg untuk melakukan aksesi Traktat Persahabatan dan Kerja Sama atau Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC), menerima Maroko sebagai mitra sektoral, dan menerima Belanda sebagai mitra pembangunan,” kata Retno.

Sejauh ini ASEAN telah menghasilkan dua deklarasi yang dikenal sebagai Bali Concord I pada 1976 dan Bali Concord II pada 2003.

Dokumen Bali Concord I merupakan TAC yang mengatur pola perilaku antarnegara anggota untuk mengedepankan cara-cara damai dalam menyelesaikan sengketa di antara mereka, dan bukan menggunakan aksi kekerasan.

Pada 2003, lahir Bali Concord II yang merupakan kesepakatan ASEAN untuk membangun komunitas berdasarkan pilar politik dan keamanan, pilar ekonomi, dan pilar sosial budaya.

Deklarasi tersebut menghasilkan Piagam ASEAN yang mengukuhkan perhimpunan sebagai organisasi berbasis aturan, sekaligus cikal bakal bagi pembentukan Komunitas ASEAN.

Sementara itu, KTT ASEAN 2011 di Nusa Dua menghasilkan Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nations, yang kemudian disebut sebagai Bali Concord III.

Semangat dari deklarasi tersebut adalah memastikan partisipasi dan kontribusi aktif ASEAN dalam mengatasi berbagai permasalahan fundamental global yang terjadi di masa-masa sekarang.

KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023, di bawah keketuaan Indonesia yang mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments