Friday, May 24, 2024
spot_img
HomeTechnologySatelit SATRIA-1 Akan Diluncurkan 19 Juni 2023

Satelit SATRIA-1 Akan Diluncurkan 19 Juni 2023

INAKINI.COM – Pemerintah akan segera meluncurkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) agar bisa menyediakan akses internet untuk kebutuhan layanan publik.

Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Plt Menkominfo) Mahfud MD menyatakan peluncuran Satelit SATRIA-1 merupakan salah satu dalam pemerataan pembangunan infrastruktur digital di pusat pelayanan publik di seluruh Indonesia.

Peluncuran satelit internet untuk memenuhi kebutuhan akses layanan publik itu dijadwalkan berlangsung dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:00 waktu setempat atau pukul 05:00 pagi Waktu Indonesia Barat tanggal 19 Juni 2023 .

“Ini adalah upaya untuk memeratakan pembangunan dan menginklusikan masyarakat dalam ekonomi digital dengan penyediaan internet di area manapun di negeri ini,” ujarnya dalam Konferensi Pers Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (13/06).

Plt Menkominfo Mahfud MD menyatakan akses internet yang disediakan melalui SATRIA-1 akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di lokasi layanan publik yang belum memiliki akses atau belum memadai. SATRIA 1 merupakan satelit multifungsi berteknologi Very High Throughput Satellite (VHTS) dengan frekuensi Ka-Band. Kapasitas internet yang disediakan bisa mencapai 150Gbps.

SATRIA-1 mampu menjangkau daerah terpencil atau terisolasi dengan biaya layanan yang efisien dan waktu yang lebih cepat dibandingkan teknologi teresterial.

“Teknologi satelit memungkinkan akselerasi penyediaan internet di desa-desa yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optik dalam 10 tahun ke depan. Prioritas utama penerima akses internet dari SATRIA-1 adalah sektor pendidikan, fasilitas layanan kesehatan, Kantor Pemerintah Daerah, serta TNI dan Polri,” tandasnya.

Plt Menkominfo Mahfud MD menjelaskan Proyek SATRIA merupakan proyek dengan skema KPBU, yaitu Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha.

“Di mana Kominfo bertindak selaku penanggung jawab proyek kerjasama atau PJPK melalui Badan Layanan Umum BAKTI Kominfo dengan PT Satelit Nusantara 3 SNT sebagai Badan Usaha Penyelenggara atau BUP satelit multifungsi ini yang dibentuk oleh konsorsium PSN,” ujarnya.

Plt Menkominfo mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar peluncuran serta pengoperasian SATRIA-1 berhasil.

“Nantinya diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kapasitas internet SATRIA-1 secara bertahap mulai Januari tahun 2024. Peluncuran bagi yang ingin menyaksikan dari Indonesia dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian Kominfo pada tanggal 19 Juni tahun 2023,” tuturnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments