Friday, May 24, 2024
spot_img
HomeBUMNWamen BUMN II Curiga WIKA dan Waskita Poles Laporan Keuangan

Wamen BUMN II Curiga WIKA dan Waskita Poles Laporan Keuangan

INAKINI.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai mencium aroma tidak beres pada laporan keuangan perusahaan BUMN di sektor karya. Selain Waskita Karya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menduga laporan keuangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) juga dipoles.

“Memang di beberapa Karya, seperti Waskita dan WIKA memang pelaporan keuangannya juga tidak sesuai dengan kondisi riil,” kata Tiko dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (5/6).

Menurutnya, laporan keuangan seolah-olah memperoleh keuntungan selama bertahun-tahun. Padahal fakta yang terjadi di lapangan berbeda. “Artinya dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun, padahal cash flow tidak pernah positif sebetulnya,” sebutnya.

Kartika Wirjoatmodjo menegaskan, Kementerian BUMN bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sedang melakukan penelusuran dan investigasi terkait hal itu. Bahkan, pihaknya akan menuntut manajemen jika terbukti adanya pemalsuan laporan keuangan.

“Kita akan mulai lakukan ini saya sudah lapor ke ketua BPKP. Apabila memang ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kita bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada,” tegasnya.

Adapun berdasarkan laporan publikasi, kinerja WIKA sepanjang kuartal I-2023 tidak menggembirakan. Meski pendapatan bersih mampu tumbuh 37,34% secara tahunan menjadi Rp 4,34 triliun, tapi kondisi bottom line WIKA kontras.

WIKA melaporkan rugi Rp 521,25 miliar per 31 Maret 2023, berbalik dari sebelumnya membukukan laba bersih Rp 1,32 miliar pada kuartal I-2022. Angka triwulan pertama tahun ini merupakan rekor kerugian kuartalan terbesar yang ditanggung perusahaan kontruksi plat merah tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments