Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeBUMNWaskita Garap Proyek Bandara Lobato Timor-Leste Senilai Rp 1 Triliun

Waskita Garap Proyek Bandara Lobato Timor-Leste Senilai Rp 1 Triliun

INAKINI.COM – PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita akan menggarap pengembangan Presidente Nicolau Lobato International Airport di Timor-Leste.

Penandatangan kontrak kerja dengan Pemerintah Timor-Leste melalui Menteri Transportasi dan Komunikasi atau Minister of Transport and Communications (MTC) José Agustinho da Silva yang dilaksanakan pada Senin (29/5) sore di Kementerian MTC, Caicoli, Dili.

“Kami sangat bersyukur dan tentunya sangat bangga bisa berkontribusi dalam membangun Bandara Internasional Nicolao Lobato di Timor-Leste senilai US$ 72,6 juta (Rp 1,1 triliun) yang bersumber dari dana Asian Development Bank (ADB). Proyek ini diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu 974 hari,” kata Director of Operation I & QSHE I Ketut Pasek Senjaya Putra dalam keterangan tertulis pada Senin (29/5).

“Ini bukti kepercayaan Pemerintah Timor-Leste kepada Waskita karya. Kami berkomitmen penuh untuk menyelesaikan proyek ini dengan kualitas yang terbaik dan selesai lebih cepat dari rencana,” sambungnya.

Pekerjaan proyek ini meliputi perpanjangan runway sepanjang 2.100 meter, termasuk pembangunan Runway End Safety Area (RESA) minimal 90 meter di setiap sisi, juga membangun taxiway, apron dan Air Traffic Control Tower (ATCT) untuk memperluas fasilitas bandara tersebut.

“Kami berkomitmen untuk bekerja dengan memberikan kontribusi maksimal dari sisi kualitas dan HSE sampai proyek ini selesai, untuk memenuhi kebutuhan material, alat, maupun subkontraktor. Perseroan berkomitmen menggunakan material yang terbaik sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Kemudian memastikan peralatan yang datang tiba tepat waktu dan siap digunakan. Selain itu, Waskita akan memilih subkontraktor yang memiliki rekam jejak terbaik untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai harapan,” jelasnya.

Sebelumnya di Timor-Leste, Waskita sudah mendapatkan beberapa proyek antara lain jalan Noefefan-Oenuno di Oé-Cusse, jalan Pasar Tono menuju Oesilo yang merupakan wilayah Timor Leste yang berbatasan langsung dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Indonesia, lalu proyek yang rampung di tahun 2020 yaitu Bandara Suai dan Jalan Sakato-Noefefan.

“Waskita Karya juga mengadopsi teknologi terkini seperti BIM (Building Information Modeling) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi proyek ke dalam model 3 dimensi. Harapannya dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dalam proses konstruksi,” jelasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments