Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeASEANJokowi Sampaikan Selamat Bergabung Timor-Leste di Keluarga ASEAN

Jokowi Sampaikan Selamat Bergabung Timor-Leste di Keluarga ASEAN

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat bergabung pada negara Timor-Leste sebagai bagian dari keluarga ASEAN yang baru saat membuka 42nd ASEAN Summit 2023 atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5).

KTT ASEAN di Phnom Phen 2022 lalu secara prinsipal telah menyepakati keanggotan bagi Timor-Leste.

Meskipun hingga saat ini, Timor-Leste masih berstatus observer, namun Timor-Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

Timor-Leste masih harus memenuhi sejumlah kewajiban sebelum menjadi anggota penuh ASEAN. Timor-Leste merupakan negara ke-11 yang akan bergabung dengan keanggotaan ASEAN.

“Pada Perdana Menteri Timor Leste, Selamat bergabung di keluarga ASEAN,” kata Presiden Jokowi seraya mempersilahkan Perdana Menteri (PM) Timor-Leste Taur Matan Ruak untuk menyampaikan sambutan pandangannya.

Menanggapi hal itu, PM Timor-Leste pun berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap Timor-Leste. Sehingga, bisa bergabung menjadi anggota ASEAN, pertama kali hadir dalam perhelatan KTT ASEAN, dan menjadi observer ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara.

“Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo Presiden Indonesia ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini,” kata PM Taur Matan Ruak.

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan bagi negaranya untuk hadir pertama kalinya pada KTT ASEAN, serta merupakan bab baru dari sejarah Timor-Leste juga ASEAN.

Bergabungnya Timor-Leste, lanjut Taur, merupakan momentum bersejarah bagi negaranya. Karena, dapat memberikan dampak yang positif dalam berbagai sektor baik ekonomi maupun sosial. Dengan begitu, berbagai pembangunan yang telah dilakukan di negaranya dapat terus dilakukan.

Atas kesempatan yang diberikan, pihaknya pun akan mentaati setiap peta jalan yang telah diserpakati bersama-sama dengan anggota ASEAN lain. Supaya, keberadaan Timor-Leste dapat memberikan manfaat kepada anggota ASEAN lainnya dari berbagai sektor.

“Itu sangat penting dan bersejarah bagi kami sebagai anggota ke-11 ASEAN. Menunjukkan pengakuan yang sama untuk kebersamaan di dalam pembangunan masyarakat ASEAN,” kata Taur.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments