Thursday, February 22, 2024
spot_img
HomeASEANIndonesia Menyerukan Persatuan Negara Asia Tenggara di KTT ASEAN 2023

Indonesia Menyerukan Persatuan Negara Asia Tenggara di KTT ASEAN 2023

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerukan persatuan pada seluruh negara di Asia Tenggara, untuk membawa kedamaian bagi kawasan dan membuka peluang pertumbuhan ekonomi yang semakin masif di masa depan.

“Asalkan satu kuncinya persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan dunia,” kata Presiden Jokowi ketika membuka 42nd ASEAN Summit 2023 atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5).

Menurut Presiden Jokowi, persatuan dibutuhkan dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN. Di antaranya, episentrum ekonomi yang di atas negara-negara lain pada umumnya, bonus demografi, kestabilan kawasan, arsitektur kesehatan, arsitektur pangan, energi, stabilitas keuangan, hingga integrasi ekonomi yang semakin menguat beberapa waktu ke depan.

Presiden optimistis, dengan memaksimalkan potensi yang ada dan bekerja bersama antarnegara ASEAN, dapat mewujudkan Asia Tenggara sebagai episentrum pertumbuhan perekonomian dunia.

“Kita punya aset kuat sebagai episentrum growth ekonomi,” kata Presiden.

Dengan persatuan, dapat mengatasi berbagai tantangan seperti ekonomi global yang belum pulih, rivalitas semakin tajam, dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi antarnegara ASEAN.

“Persatuan dapat menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan. ASEAN bisa,” kata Presiden.

Pada rangkaian pertemuan puncak KTT ASEAN 2023, Presiden Jokowi akan memimpin lima pertemuan 42nd ASEAN Summit 2023 atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya adalah :

  1. KTT ke-42 ASEAN (Opening and Plenary Session)
  2. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)
  3. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN
  4. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC)
  5. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV)

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan welcoming dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments