Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeSportSejarah Perjalanan Kejuaraan Bulu tangkis Sudirman Cup

Sejarah Perjalanan Kejuaraan Bulu tangkis Sudirman Cup

Sudirman Cup, seperti piala besar lainnya di bulu tangkis seperti Thomas Cup, Uber Cup dan Piala Suhandinata, adalah karya yang luar biasa; itu menyatukan elemen bulu tangkis dan warisan budaya Indonesia – negara yang menyumbangkan trofi.

Dibuat untuk menghormati Dick Sudirman, piala tersebut terbuat dari perak padat berlapis emas 22 karat. Berdiri setinggi 80 cm, berdiri di atas alas segi delapan yang terbuat dari kayu jati terbaik. Badan cangkir berbentuk seperti shuttlecock, sedangkan tutupnya dirancang seperti Candi Borobudur yang terkenal di dunia di Indonesia. Gagangnya berbentuk seperti benang sari, melambangkan biji bulutangkis. Trofi tersebut dibuat oleh Perusahaan Masterix Bandung dan menelan biaya US$15.000 saat diserahkan ke Federasi Bulu Tangkis Internasional pada Mei 1989.

Piala Sudirman pertama dimainkan di Stadion Bung Karno di Indonesia dari 24 hingga 29 Mei 1989 dengan 28 tim peserta. Itu terbukti sangat populer di kalangan pemain dan penggemar, dan pada edisi kedelapan, itu telah membangun momentum yang cukup untuk dipentaskan sebagai acara yang berdiri sendiri.

Acara ini diadakan setiap dua tahun sejak 1989. Indonesia memenangkan edisi perdananya di rumah – satu-satunya kali mereka merebut gelar tersebut. Korea muncul sebagai juara dalam dua edisi berikutnya, diikuti oleh China, yang memenangkan semua kecuali dua edisi dari tahun 1995 hingga 2021 (Korea menghentikan kekuasaan China pada tahun 2003 dan 2017).

Juara saat ini adalah China, yang meraih gelar ke-12 pada turnamen 2021 di Finlandia.

Tidak ada hadiah uang di Sudirman Cup; pemain bermain untuk negara masing-masing dan untuk mendapatkan poin Peringkat Dunia BWF dan prestise nasional.

Tahun 2023, Sudirman Cup kembali di gelar di Suzhou, Tiongkok pada 14 hingga 21 Mei mendatang.

Maskot Piala Sudirman 2023
Nama “SUSU” dan “GUGU”
GuSu(姑苏) seperti yang disebut Suzhou saat ini, dimana Piala Sudirman tahun ini diadakan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments