Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeFinance11,68 Juta Orang Lapor SPT Tahunan 2022, Sri Mulyani: Terima Kasih

11,68 Juta Orang Lapor SPT Tahunan 2022, Sri Mulyani: Terima Kasih

INAKINI.COM – Menteri Keuangan Indonesia (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh wajib pajak yang telah melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tepat waktu dan terus meningkatkan kepatuhan perpajakannya. Khususnya kepada orang pribadi yang batas waktunya telah berakhir per 31 Maret 2023.

Secara rinci, sampai 31 Maret 2023 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) – Kementerian Keuangan Indonesia (Kemenkeu) sudah menerima 12.016.189 SPT Tahunan di mana 11.682.479 SPT berasal dari wajib pajak orang pribadi. Sedangkan 333.710 berasal dari SPT wajib pajak badan yang batas akhir pelaporannya masih sampai 30 April 2023.

“Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Untuk orang pribadi tumbuh sebesar 2,88% year on year (yoy), sementara badan tumbuh 12,76% yoy,” jelas Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi miliknya @smindrawati dikutip pada Minggu (1/4).

Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pajak yang telah dibayarkan masyarakat berkontribusi membantu melindungi masyarakat terutama kelompok miskin dan rentan dari guncangan ketidakpastian global saat ini.

“Manfaat pajak Anda hadir dalam kebutuhan sehari-hari, yang mungkin sering tidak disadari. Mulai dari subsidi energi seperti: BBM, gas elpiji, dan listrik, juga berbagai bantuan sosial BLT, sembako, bahkan tahun ini juga diberikan bantuan tambahan berupa protein untuk mendukung pemenuhan gizi kelompok masyarakat miskin dan rentan,” tuturnya.

Tak hanya itu, pajak juga berkontribusi meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Hal tersebut tercermin dari 35.500 masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sebanyak Rp 472,6 triliun dari total penerimaan pajak tahun lalu telah membantu jutaan anak mendapatkan pendidikan layak dan membantu 96,7 juta jiwa masyarakat mendapatkan fasilitas jaminan kesehatan.

“Berkat pajak Anda juga, kita bisa membiayai vaksinasi Covid-19 sehingga alhamdulillah pandemi dapat kita tangani dengan sangat baik dan sekarang kita bisa kembali melakukan aktivitas secara normal. Pajak Anda telah dan akan terus membangun Indonesia. Kami akan terus menjaga kepercayaan yang Anda berikan,” tutup Sri Mulyani.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments