Thursday, February 22, 2024
spot_img
HomeSportJokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora Baru

Jokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora Baru

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) yang baru pada Senin (3/4).

Ia menggantikan Zainudin Amali yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kabar soal pelantikan Dito dikonfirmasi oleh salah satu sumber di internal Partai Golkar.

Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB.

Dikutip dari siaran pers BPMI Setpres menyebutkan, pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 3 April 2023.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian sumpah jabatan yang didiktekan Presiden Jokowi kepada Dito.

Adapun posisi Menpora kosong setelah Zainudin Amali mengundurkan diri. Zainudin Amali memilih fokus menjabat Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Saat ini Menko PMK Muhadjir Effendy menjabat sebagai Plt Menpora.

Selain Menpora, Jokowi juga akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru untuk menggantikan Boy Rafli Amar yang segera pensiun. Polri juga sudah memindahkan Boy ke posisi pati Densus 88 menjelang akhir masa bakti.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah merekomendasikan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT yang baru menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments