Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeNewsMenteri PUPR: Pembangunan IKN Per-Januari 2023 Capai 14 Persen

Menteri PUPR: Pembangunan IKN Per-Januari 2023 Capai 14 Persen

INAKINI.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (Kementerian PUPR) mendata progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) per Januari 2023 sudah mencapai 14 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PUPR), Basuki Hadimuljono mendorong peran aktif dan kontribusi dari para Profesor dan pakar/akademisi dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam memberikan ide-ide untuk bersama-sama membahas isu strategis kebijakan dan penyelenggaraan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya juga arahkan kegiatan ilmiah diadakan di kampus untuk mengajak generasi muda dan mahasiswa mengenal organisasi profesi dan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” ujar Menteri Basuki pada Jumat (27/1).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan saat ini progres pembangunan IKN sudah meliputi land development, jalan tol, jalan logistik, hunian pekerja konstruksi, dan kantor.

Seperti diketahui, Pemerintah tengah mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) agar setidaknya pada tahun 2024 mendatang sudah bisa digunakan untuk melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menjelaskan pada pembangunan tahap awal difokuskan terlebih dahulu untuk memindahkan pusat pemerintahan dan pembantu-pembantu pemerintah. Maka yang disediakan setidaknya infrastruktur dasar.

“Intinya basic Infrastruktur, kami memastikan ketersediaan air, jalan, sanitasi, sampah, istana presiden, kantor pemerintahan dengan segala dukunganya, rumah susun untuk tempat tinggal,” ungkap Danis pada acara konferensi pers Rapimnas PII di kantor Kementerian PUPR pada Senin (16/1).

“Pada tahun 2024 juga memulai inisiasi sektor industri yang mau Invetasi, kita harapkan nanti 2025 infrastruktur lengkap, kota semakin besar, mulai masuk ke industri,” tutup Danis.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments