Tuesday, February 7, 2023
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi: Bendungan Lolok Diharapkan Selesai Tahun 2023 Ini

Presiden Jokowi: Bendungan Lolok Diharapkan Selesai Tahun 2023 Ini

INAKINI.COM, News – Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara pada Kamis 19 Januari 2023.

Pada keterangan pers setelah peresmian, Presiden mengungkapkan pemerintah masih terus membangun Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaan Mangondow yang diharapkan bisa selesai di tahun 2023 ini.

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak,” kata Presiden Jokowi ke Jurnalis.

Baca juga : Agenda Kerja, Presiden Jokowi Cek Harga Sembako di Pasar Airmadidi Minahasa Utara

Presiden juga memberi penjelasan lagi bahwa adanya pembangunan bendungan tersebut bisa beri solusi dan manfaat bagi masyarakat sekitar. Baik dari saluran irigasi lebih lancar, bisa digunakan untuk pembangkit listrik, mereduksi banjir, sampai menambah pasokan air baku.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Berjalan Kaki Dalam Kunjungan ke Minahasa Utara, Ternyata Ini Penyebabnya

Mengenai peresmian Bendungan Kuwil, Presiden memberi pernyataan bahwa kondisi dan juga keberadaan bendungan ini bisa mereduksi banjir sampai kondisi banjir besar terjadi di Kota Manado pada tahun 2014 silam tidak berulang lagi.

“Ini bendungan Kuwil Kawangkoan kita harapkan bisa hilangkah dan kurangi banjir terutama di Manado, yang kita pernah kejadian do tajim 2014.” tambah Presiden.

Tidak hanya berfungsi sebagai reduksi banjir, Bendungan Kuwil diharapkan bisa tambahkan pasokan air baku ke Daerah Sulawesi Utara terutama Kota Bitung, Kota Manado, dan Kabupaten Minahasa Utara.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments