Tuesday, February 7, 2023
spot_img
HomeBusinessBKPM Hadirkan Layanan Daftar NIB Gratis di Hari Nusantara

BKPM Hadirkan Layanan Daftar NIB Gratis di Hari Nusantara

INAKINI.COM – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan pelayanan gratis untuk penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online dalam Expo UMKM yang meruakan rangkaian dari perhelatan Hari Nusantara 2022 di Wakatobi.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi BKPM, Nurul Ichwan, mengungkapkan dalam Expo UMKM mengajak masyarakat untuk bisa datang dan menerbitkan NIB.

“Dalam Expo UMKM itu kami mempersilakan masyarakat Wakatobi dan Sultra secara umum datang ke stand Kementerian Investasi BKPM untuk diterbitkan NIB-nya,” kata Nurul Ichwan di Wakatobi pada Selasa (13/12).

NIB menjadi identitas yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha, dan menjadi penanda usaha bankable untuk mendapatkan pinjaman modal dari perbankan.

Selain berfungsi sebagai identitas usaha, NIB juga sekaligus berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), Akses Kepabeanan.

Terutama jika pemilik usaha melakukan kegiatan ekspor maupun impor, artinya dengan NIB, pemilik usaha tidak lagi perlu mengurus tiga persyaratan izin usaha tersebut. Masa berlaku dari NIB adalah selama para pelaku usaha menjalankan usahanya tersebut.

Untuk proses pembuatan NIB gratis tidak dipungut biaya apapun, jadi para pelaku usaha tidak perlu repot dan khawatir lagi dalam membuat dokumen legalitas usaha.

Hingga Juli 2022, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BPKM telah menerbitkan sebanyak 1.552.994 Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission di seluruh wilayah Indonesia. Mayoritas penerima NIB adalah pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments