Thursday, February 2, 2023
spot_img
HomeTravelRenovasi Rampung, TMII Dibuka 6 Oktober Untuk Acara Pembukaan G20

Renovasi Rampung, TMII Dibuka 6 Oktober Untuk Acara Pembukaan G20

INAKINI.COM – Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta hampir sepenuhnya rampung dan akan dibuka kembali pada 6 Oktober 2022.

Kegiatan renovasi TMII telah dilakukan sejak Januari 2022 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PUPR) melalui kontraktor dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi.

“Oktober tanggal 6 kita lakukan pembukaan untuk acara G20. Nanti ada kepala negara (G20) yang datang atau perwakilannya,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Achmad Gani Ghazaly Akman di TMII pada Rabu (28/9).

Bagi masyarakat umum harus bersabar untuk dapat menikmati wahana wisata di TMII, pasalnya, TMII akan digunakan terlebih dahulu untuk pertama kali acara Meeting G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) pada Oktober mendatang.

Adapun luas area pekerjaan meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare. Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Gani menjelaskan, porsi anggaran terbesar ada pada renovasi bangunan-bangunan di TMII. “Ini kan banyak gedungnya. Ada Keong Mas, ada bangunan sasano saja yang terbagi di tiga lokasi. Kemudian ada tempat pergelaran budaya, gedung parkir, termasuk penataan taman,” jelasnya.

Untuk zona 1 dengan tema Indonesia Klasik Elegan dan Geometri dilakukan penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego.

Zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments