Thursday, December 1, 2022
spot_img
HomeBUMNKAI Pasang Solar Panel di Stasiun dan Perkantoran, Apa Latar Belakangnya?

KAI Pasang Solar Panel di Stasiun dan Perkantoran, Apa Latar Belakangnya?

INAKINI.COM – Banyak konsep dari pengembangan teknologi dibuktikan di berbagai instansi salah satunya KAI pasang solar panel di stasiun dan perkantoran.

Pemasnagan solar panel oleh PT Kereta Api Indonesia tersebut memang menjadi inovasi menarik karena menjadi peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya di area kantor KAI.

Pada langkah awal KAI memasang panel surya di Stasiun Gambir pada Senin 26 September.

Sekarang KAI sudah memasang dengan kapasitas daya 40.5 kWp di gedung Jakarta Rarilway CEnter dengan daya 40 kWp.

Dilansir dari pernyataan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya mengatakan bahwa dari pemasangan solar panel menjadi cara dan momen transisi energi yang dilakukan KAI.

Baca Juga : Jasa Marga Berhasil Cetak Laba Rp 734.8 Miliar Tunjukkan Kinerja Positif di Akhir Tahun

KAI ingin menggunakan Energi Baru Terbarukan untuk bisa mensuplai energi listrik di berbagai aset KAI.

“Implementasi Solar Panel di stasiun dan kantor KAI menjadi bagian dari rangkaian HUT ke 77 KAI dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani lebih Baik. Pada momen ulang tahuannya ini KAI ingin turut serta menghijaukan Indonesia melalui Environmental, Social, and Governance dalam pemanfaatan EBT untuk terciptanya ekosistem bisnsi yang lebih baik dan berkelanjutan,” kata Salusra.

Untuk tahapan awal, transisi energi tersebut bisa diterapkan di Stasiun Gambir karena memang stasiun tersebut sudah menjadi ikon Jakarta.

Selain itu Stasiun Gambir juga dikatakan sebagai stasiun terbesar yang memiliki sejarah dan fungsi penting guna melayani penumpang sampai saat ini.

Baca Juga : Aturan Baru Turis Asing Liburan ke Hong Kong, Tidak Ada Karantina

Sedangkan dari Gedung Jakarta Railway Center menjadi salah satu gedung perkantoran utama KAI selain Kantor Pusat KAi yang berada di Bandung.

Berbagai kebutuhan listrik setiap tahunnya selalu digunakan dengan tujuan pendingin ruangan, pencahayaan, hingga sound system.

Untuk itulah kegiatan operasional lainnya juga membutuhkan energi cukup besar.

Penggunaan solar panel berkapasitas 40.5 kWp di Stasiun Gambir tersebut membuat KAI mampu menghemat pengeluaran listrik mencapai 6.75% dengan tingkat asumsi energi sinar matahari bisa ditangkap secara optimal selama 4 jam dari jam 10.00 sampai 14.00.

Baca Juga : Makna Respon Tertawa Prabowo Tentang Peluang Maju Pilpres 2024 Bareng Jokowi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments